Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan, pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas. Manfaat mata kuliah ini diantaranya 1) Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup manajemen pendidikan, 2) Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah.
Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa
Bentuk kegiatan tugas perkuliahan meliputi dua bentuk yakni:Pertama, tugas perseorangan. 1) Makalah. Pembagian tema sesuai dengan materi pokok perkuliahan. Tema dibagi secara acak kepada masing-masing mahasiswa. 2) Presentasi. Presentasi diperlukan untuk menguji pengetahuan mahasiswa terhadap makalah yang ditulisnya. Presentasi dilakukan di dalam kelas. Pendengar boleh mengajukan pertanyaan, kritik dan saran kepada mahasiswa yang sedang melakukan presentasi. Kedua, tugas kelompok. 1) Analisis kasus. Analisis kasus yang dimaksud adalah menganalisa persoalan-persoalan kontemporer yang terkait dengan mata kuliah. 2) Diskusi. Diskusi diperlukan untuk melatih mahasiswa aktif dalam menyampaikan pendapat. Tema diskusi disesuaikan dengan pokok bahasan. 3) Presentasi. Presentasi ini bertujuan untuk melatih mahasiswa mempertahankan gagasannya secara kelompok di depan orang lain. Tugas-tugas dalam mata kuliah ini sebagaimana yang tertulis di tautan berikut ini.
Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 15%; 3) Tugas-tugas sebesar 25%; 4) Ujian tengah semester sebesar 15%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.
Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.
Materi Perkuliahan:
Silakan pilih artikel dengan mengklik tautan di bawah ini!
- Kontrak Perkuliahan >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: Kode Etik Mahasiswa; Analisis kompetensi; Kontrak belajar; RPS/Silabus
- Konsep Dasar Manajemen Pendidikan >> 1) Pengertian manajemen; 2) Pengertian manajemen pendidikan; 3) Tujuan dan manfaat manajemen pendidikan; 4) Ruang lingkup manajemen pendidikan. Materi: Konsep dasar Administrasi dan Manajemen
- Pengelolaan Satuan Pendidikan >> 1) Konsep pengelolaan satuan pendidikan berbasis sekolah; 2) Analisa SWOT (Strength, weakness, opportunity, treat); 3) Monitoring dan evaluasi pengelolaan satuan pendidikan. Materi: Pengelolaan berbasis sekolah; Analisis SWOT
- Kepemimpinan Pendidikan >> 1) Pengertian kepemimpinan pendidikan; 2) Perbedaan pengertian kepemimpinan, pemimpin dan pimpinan; 3) Manfaat kepemimpinan; 4) Teori-teori kepemimpinan; 5) Macam/jenis kepemimpinan; 6) Model kepemimpinan. Materi: Kepemimpinan dan Kekuasaan.
- Pengelolaan Kurikulum >> 1) Pengertian pengelolaan kurikulum; 2) Prinsip dan fungsi pengelolaan kurikulum; 3) Komponen dan tahapan pengelolaan kurikum; 4) Pengelolaan silabus, RPP; 5) Pengelolaan kurukulum muatan lokal. Materi: Pengelolaan Kurikulum
- Pengelolaan Peserta Didik >>1) Pengertian dan ruang lingkup; 2) Pengelolaan penerimaan siswa baru; 3) Pengelolaan ketata-usahaan siswa; 4) Pengelolaan layanan bimbingan konseling siswa; 5) Pencatatan prestasi belajar; 6) Pengelolaan bakat minat siswa. Materi: Manajemen Kesiswaan
- Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan >> 1) Perencanaan dan pengadaan tenaga pendidik dan kependidikan; 2) Pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan; 3) Penilaian tenaga pendidik dan kependidikan; 4) Pemberhentian tenaga pendidik dan kependidikan. Materi: Perencanaan Pegawai
- Pengelolaan Biaya Pendidikan >> 1) Pengertian pengelolaan biaya pendidikan; 2) Perencanaan biaya pendidikan; 3) Pelaksanaan pengelolaan biaya pendidikan; 4) Evaluasi pengelolaan biaya pendidikan. Materi: Pengelolaan Keuangan
- Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan >> 1) Pengertian dan ruang lingkup; 2) Pengadaan sarana prasarana; 3) Pengaturan dan penggunaan sarana prasarana; 4) Tata cara penyingkiran atau pemusnahan barang. Materi: Manajemen Sarana Prasarana;
- Pengelolaan Humas Pendidikan >> 1) Pengertian pengelolaan humas pendidikan; 2) Teknik komunikasi pendidikan; 3) Pemasaran sekolah; 4) Konflik dan teknik negosiasi. Materi: Keterampilan Interpersonal dan Membangun Kepercayaan; Komunikasi dalam Pendidikan; Komunikasi Pembelajaran; Negosiasi dan konflik.
- Pengelolaan Kelas >> 1) Pengertian pengelolaan kelas; 2) Konsep dasar metode pembelajaran inovatif. Materi: Hakikat dan Teori Belajar; Kata Kerja Operasional; Pembelajaran Inovatif.
Daftar Bacaan
- Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
- Bambang Tri C. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Badan Penerbit IPWI
- Budi Raharja. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
- Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
- Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
- Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
- Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
- Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
- Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
- Wahjosumidjo. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan teori dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Dan lain-lain
Surat Cinta dari Mahasiswa
Makalah
-
- Peran Gaya Kepemimpinan Situasional dalam Pengelolaan Pendidikan
- Tahapan dalam Pengelolaan Peserta Didik
- Konflik dan Teknik Negosiasi dalam Pendidikan
- Pengelolaan Tenaga Pendidik/Kependidikan
- Transparansi Pembiayaan Pendidikan
- Teori X dan Y
- Pengelolaan Bimbingan Konseling Siswa
- Tehnik-Tehnik dalam Komunikasi Pendidikan
- Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan
- Menjadikan Pembelajaran Bahasa Inggris Menyenangkan
- Strategi Pemasaran Sekolah
- Pengelolaan Siswa Berprestasi
- Penerapan Teori X & Y (Mc. Gregor) dalam Pengelolaan Pendidikan
- Pengelolaan Perencanaan dan Pengadaan Tenaga Kependidikan
- Pengelolaan Sarana Prasarana
- Penyusunan Metode Pembelajaran Inovatif Pada Bahasa Inggris
- Monitoring dan Evaluasi dalam Satuan Pendidikan
- Manajemen Berbasis Sekolah
- Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Satuan Pendidikan
- Konflik dan Teknik Negosiasi
- Pengelolaan Kurikulum Muatan Lokal
- Konsep Dasar Belajar dan Mengajar
- Konsep Dasar Filosofi Munculnya Manajemen Pendidikan
- Konsep Dasar Kepemimpinan Pendidikan
- Konflik dan Teknik Negosiasi
- Konsep Dasar Belajar dan Mengajar
- Konsep Dasar Komunikasi Pendidikan
- Pengelolaan Kurikulum Muatan Lokal
- Konsep Dasar Pembelajaran Inovatif
- Fungsi dan Prinsip Pengelolaan Kurikulum
- Evaluasi dan Penilaian Kinerja Tenaga Pendidik/Kependidikan
- Evaluasi dan Penilaian Tenaga Pendidik Atau Kependidikan
- Analisis SWOT dalam Pendidikan
- Akuntabilitas Pembiayaan Pendidikan
- Konflik dan Negoisasi
- Transparansi Pembiayaan Pendidikan
- Penerapan Teori Z (William Ouchi) dalam Pengelolaan Pendidikan
- Konsep Dasar Belajar Mengajar
- Analisis SWOT dalam Pendidikan
- Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik
- Penerapan Teori Z (Wiliam Ouchi) dalam Pengelolaan Pendidikan
- Perkembangan Kurikulum dari Masa Ke Masa
- Pengelolaan, Perencanaan, dan Pengadaan Tenaga Pendidik/Kependidikan
- Teknik Penyusunan Metode Pembelajaran Inovatif Pada Pembelajaran Bahasa Inggris
- Konsep Dasar Komunikasi Pendidikan
- Pengelolaan Peserta Didik
- Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Satuan Pendidikan
- Aplikasi Teori Z dalam Pengelolaan Pendidikan
- Strategi Pemasaran Sekolah
- Pengelolaan Kurikulum Muatan Lokal
- Teori-teori Kepemimpinan
- Pengelolaan Ekstra Kurikuler di Sekolah
- Pengertian Manajemen Pendidikan
- Konsep dan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah
- Akuntabilitas Pembiayaan Pendidikan
- Pengertian, Fungsi, dan Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
- Konsep Dasar Metode Pembelajaran Inovatif
- Penerapan Teori X dan Y dalam Pengelolaan Pendidikan
- Konsep Dasar Kepemimpinan Pendidikan
- Strategi Mengefektifkan Kinerja Komite Sekolah
- Pengelolaan Perencanaan dan Tenaga Pendidik/Kependidikan
- Teori-teori Kepemimpinan Kependidikan
- Pengelolaan Siswa Berprestasi
- Pengelolaan Bimbingan Konseling Siswa
- Strategi Pengelolaan Siswa Baru
- Jenis-jenis Kepemimpinan
- Strategi Menjadikan Pembelajaran Bahasa Inggris Agar Menyenangkan
- Pengelolaan Ekstrakurikuler Siswa
- Konsep Dasar Pengelolaan Biaya Pendidikan
- Konsep Dasar Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan
- Konsep Dasar Komunikasi Pendidikan
- Transparansi Dana Pendidikan
- Analisis SWOT dalam Pendidikan
- Partisipasi Masyarakat dalam Pendididkan
- Sejarah Perkembangan Kurikulum Indonesia dari Masa ke Masa
- Model-model Kepemimpinan Pendidikan
- Teknik-Teknik dalam Komunikasi Pendidikan
- Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan
- Strategi Pengelolaan Siswa Baru
- Strategi Pemanfaatan Sarana Prasarana Pendidikan
- Manajemen Pengelolaan Siswa Berprestasi
- Pengelolaan Kurikulum Muatan Lokal
- Teori-teori Kepemimpinan Pendidikan
- Konsep Dasar Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah
- Konsep Dasar Filosofi Munculnya Manajemen Pendidikan
- Pengelolaan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan
- Akuntabilitas Pembiayaan Pendidikan
- Definisi dan Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
- Prinsip dan Fungsi Pengelolaan Kurikulum
- Strategi Mengefektifkan Kinerja Komite Sekolah
- Teknik Komunikasi Pendidikan
- Model dan Jenis Kepemimpinan Pendidikan
- Sejarah Kurikulum Indonesia dari Masa ke Masa
- Pengelolaan Bimbingan Konseling Siswa
- Pengelolaan Siswa Berprestasi
- Konsep Dasar Pengelolaan Biaya Pendidikan
- Manajemen Berbasis Sekolah
- Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan
sangt membantu mengembangkan pengetahuan bagi pembaca , lanjut berkreasi trim
terima kasih
makasih bahannya, god bless you
thanks 🙂
Pengelolaan Kurikulum, lebih khusus pengelolaan rpp dan silabus ada pdf.nya tidak ya ?
TERIMAKASIH PAK. SAYA MEMBANTU SAYA SEBAGAI DOSEN MUDA
Sungguh sangat membantu sekali untuk mahasiswa, dosen dan stakeholder yang bergerak di bidang pendidikan.
Terima kasih banyak materinya. sangat membantu
Terima kasih Pak. Alhamdulillah terbantu. 🙂
share yah pak. Pak bleh di foolowback postingannya sya? ruslindunggio.blogspot.co.od
Sangatlah bermanfaat bagi suatu organisasi pendidikan karna sangatlah membantu…
Materinya mudah dipahami, dapat didownload juga karena dlm bentuk PDF. Terimakasih pak, sangat membantu…
Terima Kasih infonya,
Sangat membantu
Salam Sukses Selalu