Manajemen Pendidikan

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan, pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas. Manfaat mata kuliah ini diantaranya 1) Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup manajemen pendidikan, 2) Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa

Bentuk kegiatan tugas perkuliahan meliputi dua bentuk yakni:Pertama, tugas perseorangan. 1) Makalah. Pembagian tema sesuai dengan materi pokok perkuliahan. Tema dibagi secara acak kepada masing-masing mahasiswa. 2) Presentasi. Presentasi diperlukan untuk menguji pengetahuan mahasiswa terhadap makalah yang ditulisnya. Presentasi dilakukan di dalam kelas. Pendengar boleh mengajukan pertanyaan, kritik dan saran kepada mahasiswa yang sedang melakukan presentasi. Kedua, tugas kelompok. 1) Analisis kasus. Analisis kasus yang dimaksud adalah menganalisa persoalan-persoalan kontemporer yang terkait dengan mata kuliah. 2) Diskusi. Diskusi diperlukan untuk melatih mahasiswa aktif dalam menyampaikan pendapat. Tema diskusi disesuaikan dengan pokok bahasan. 3) Presentasi. Presentasi ini bertujuan untuk melatih mahasiswa mempertahankan gagasannya secara kelompok di depan orang lain. Tugas-tugas dalam mata kuliah ini sebagaimana yang tertulis di tautan berikut ini.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 15%; 3) Tugas-tugas sebesar 25%; 4) Ujian tengah semester sebesar 15%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Materi Perkuliahan:

Silakan pilih artikel dengan mengklik tautan di bawah ini!

  1. Kontrak Perkuliahan >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: SilabusKontrak kuliah; Kode Etik Mahasiswa;Pedoman Penyusunan Makalah
  2. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan >> 1) Pengertian manajemen; 2) Pengertian manajemen pendidikan; 3) Tujuan dan manfaat manajemen pendidikan; 4) Ruang lingkup manajemen pendidikan. Materi: Konsep dasar Administrasi dan Manajemen
  3. Pengelolaan Satuan Pendidikan >> 1) Konsep pengelolaan satuan pendidikan berbasis sekolah; 2) Analisa SWOT (Strength, weakness, opportunity, treat); 3) Monitoring dan evaluasi pengelolaan satuan pendidikan. Materi: Pengelolaan berbasis sekolah; Analisis SWOT
  4. Kepemimpinan Pendidikan >> 1) Pengertian kepemimpinan pendidikan; 2) Perbedaan pengertian kepemimpinan, pemimpin dan pimpinan; 3) Manfaat kepemimpinan; 4) Teori-teori kepemimpinan; 5) Macam/jenis kepemimpinan; 6) Model kepemimpinan. Materi: Kepemimpinan dan Kekuasaan.
  5. Pengelolaan Kurikulum >> 1) Pengertian pengelolaan kurikulum; 2) Prinsip dan fungsi pengelolaan kurikulum; 3) Komponen dan tahapan pengelolaan kurikum; 4) Pengelolaan silabus, RPP; 5) Pengelolaan kurukulum muatan lokal. Materi: Pengelolaan Kurikulum
  6. Pengelolaan Peserta Didik >>1) Pengertian dan ruang lingkup; 2) Pengelolaan penerimaan siswa baru; 3) Pengelolaan ketata-usahaan siswa; 4) Pengelolaan layanan bimbingan konseling siswa; 5) Pencatatan prestasi belajar; 6) Pengelolaan bakat minat siswa. Materi: Manajemen Kesiswaan
  7. Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan >> 1) Perencanaan dan pengadaan tenaga pendidik dan kependidikan; 2) Pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan; 3) Penilaian tenaga pendidik dan kependidikan; 4) Pemberhentian tenaga pendidik dan kependidikan. Materi: Perencanaan Pegawai
  8. Pengelolaan Biaya Pendidikan >> 1) Pengertian pengelolaan biaya pendidikan; 2) Perencanaan biaya pendidikan; 3) Pelaksanaan pengelolaan biaya pendidikan; 4) Evaluasi pengelolaan biaya pendidikan. Materi: Manajemen pembiayaan 1; Manajemen Pembiayaan 2
  9. Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan >> 1) Pengertian dan ruang lingkup; 2) Pengadaan sarana prasarana; 3) Pengaturan dan penggunaan sarana prasarana; 4) Tata cara penyingkiran atau pemusnahan barang. Materi: Manajemen Sarana Prasarana;
  10. Pengelolaan Humas Pendidikan >> 1) Pengertian pengelolaan humas pendidikan; 2) Teknik komunikasi pendidikan; 3) Pemasaran sekolah; 4) Konflik dan teknik negosiasi. Materi: Keterampilan Interpersonal dan Membangun Kepercayaan; Komunikasi dalam Pendidikan; Komunikasi Pembelajaran; Negosiasi dan konflik.
  11. Pengelolaan Kelas >> 1) Pengertian pengelolaan kelas; 2) Konsep dasar metode pembelajaran inovatif. Materi: Hakikat dan Teori Belajar; Kata Kerja Operasional; Pembelajaran Inovatif.

Daftar Bacaan

  • Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  • Bambang Tri C. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Badan Penerbit IPWI
  • Budi Raharja. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  • Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  • Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  • Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  • Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  • Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  • Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
  • Wahjosumidjo. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan teori dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  • Dan lain-lain

Surat Cinta dari Mahasiswa

Makalah

 

10 thoughts on “Manajemen Pendidikan”

  1. sangt membantu mengembangkan pengetahuan bagi pembaca , lanjut berkreasi trim

  2. Pengelolaan Kurikulum, lebih khusus pengelolaan rpp dan silabus ada pdf.nya tidak ya ?

  3. Sungguh sangat membantu sekali untuk mahasiswa, dosen dan stakeholder yang bergerak di bidang pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

ide kita untuk kita