Komputer dan Media Pembelajaran

Mata kuliah Komputer dan Media Pembelajaran merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi keahlian di bidang komputer dan media pembelajaran. Terdapat tiga hal yang menjadi tujuan umum dari perkuliahan ini, yakni 1) mahasiswa dapat memamahi media pembelajaran; 2) mahasiswa dapat menyusun media pembelajaran berbasis komputer; 3) mahasiswa dapat menyimulasikan hasil penyusunan media pembelajaran dengan berbasis komputer.

Mata kuliah ini terdiri dari pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Pada mata kuliah ini mengkaji beberapa hal yakni: Kesatu, Konsep dasar media pembelajaran. Pokok bahasan ini meliputi: 1) Pengertian media pembelajaran; 2) Fungsi dan manfaat media pembelajaran; 3) Landasan penggunaan media pembelajaran; 4) Ciri-ciri media pembelajaran. Kedua, Jenis dan karakteristik media pembelajaran. Pokok bahasan ini meliputi: 1) Jenis media berdasarkan ukurannya (media dua dimensi, media tiga dimensi, media lingkungan); 2) Jenis media berdasarkan sifatnya (media audio, media visual, media audio visual); 3)Jenis media berdasarkan kemampuan jangkauannya (media yang memiliki daya liput luas, media yang memiliki daya liput terbatas). Ketiga, Pemilihan media pembelajaran. Pokok bahasan ini meliputi: 1) Pemilihan media jadi dan media rancang; 2) Dasar pertimbangan pemilihan media; 3) Kriteria pemilihan media pembelajaran. Keempat, Tantangan penggunaan media pembelajaran. Pokok bahasa ini meliputi: 1) Tantangan internal (Faktor penyebab tantangan internal, Upaya meminimalkan tantangan internal); 2) Tantangan eksternal (Faktor penyebab tantangan eksternal, Upaya meminimalkan tantangan eksternal). Kelima, Pengembangan media pembelajaran. Pokok bahasa ini meliputi: 1) Perencanaan; 2) Pengorganisasian; 3) Pelaksanaan; 4) Evaluasi. Keenam, Teknik penggunaan media pembelajaran. Pokok bahasan ini meliputi: 1) Penggunaan media pembelajaran berdasarkan tempat; 2) Penggunaan media secara terprogram; 3) Penggunaan media secara tidak terprogram; 4) Variasi penggunaan media. Ketujuh, Praktik pembuatan media pembelajaran. Kedelapan, Simulasi hasil pembuatan media pembelajaran.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 15%; 3) Tugas-tugas sebesar 25%; 4) Ujian tengah semester sebesar 15%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Penugasan sebagaimana ada di tautan berikut ini

Materi Perkuliahan

Silakan pilih artikel dengan mengklik tautan di bawah ini!

  1. Kontrak Kuliah >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: Kontrak Belajar ;  RPS/SilabusAnalisis kompetensi
  2. Konsep Dasar Media Pembelajaran >> 1) Pengertian media pembelajaran; 2) Fungsi dan manfaat media pembelajaran; 3) Landasan penggunaan media pembelajaran; 4) Ciri-ciri media pembelajaran. Materi: Hakikat Belajar PembelajaranKomunikasi dalam Pendidikan; Komunikasi PembelajaranKonsep dasar media pembelajaran
  3. Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran >> 1) Jenis media berdasarkan ukurannya (Media dua dimensi, Media tiga dimensi, Media lingkungan); 2) Jenis media berdasarkan sifatnya. (Media audio, Media visual, Media audio visual); 3)Jenis media berdasarkan kemampuan jangkauannya (Media yang memiliki daya liput luas, Media yang memiliki daya liput terbatas). Materi: Jenis dan Karakter Media Pembelajaran
  4. Pemilihan Media Pembelajaran >> 1) Pemilihan media jadi dan media rancang; 2) Dasar pertimbangan pemilihan media; 3) Kriteria pemilihan media pembelajaran. Materi: Pemilihan media pembelajaran
  5. Tantangan Penggunaan Media Pembelajaran >> 1) Tantangan Internal (Faktor penyebab tantangan internal, Upaya meminimalkan tantangan internal); 2) Tantangan Eksternal (Faktor penyebab tantangan eksternal, Upaya meminimalkan tantangan eksternal. Materi: Tantangan penggunaan media pembelajaran
  6. Ujian Tengah Semester >> Kisi-kisiLatihan Soal
  7. Pengembangan Media Pembelajaran >> 1) Perencanaan; 2) Pengorganisasian; 3) Pelaksanaan; 4) Evaluasi. Materi: Pengembangan media pembelajaran
  8. Teknik Penggunaan Media Pembelajaran >> 1) Penggunaan media pembelajaran berdasarkan tempat; 2) Penggunaan media secara terprogram; 3) Penggunaan media secara tidak terprogram; 4) Variasi penggunaan media. Materi: Teknik penggunaan media pembelajaran
  9. Praktik Pembuatan Media Pembelajaran >> Cek di sini
  10. Simulasi Hasil Pembuatan Media Pembelajaran >> Cek di sini
  11. Review dan Ujian Kompetensi >> Kisi-kisiLatihan Soal
  12. Ujian Akhir Semester >> Kisi-kisiLatihan Soal

ide kita untuk kita

%d blogger menyukai ini: