Profesi Pendidikan

Mata kuliah ini menyiapkan mahasiswa untuk memahami dasar-dasar kependidikan sebagai profesi. Bobotnya adalah 2 SKS. Termasuk dalam kategori mata kuliah keahlian berkarya. Tujuan dalam mata kuliah ini adalah agar mahasiswa memahami secara baik tentang pengertian dan konsep dasar profesi pendidikan, kode etik profesi keguruan, organisasi profesi keguruan, sasaran dan pengembangan sikap profesional, syarat-syarat menjadi guru profesional, cara menjadi komunikator dan fasilitator, prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran, cara memotivasi siswa, permasalahan yang dihadapi oleh guru, dan supervisi pendidikan.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa

Bentuk kegiatan tugas perkuliahan meliputi dua bentuk yakni:Pertama, tugas perseorangan. 1) Makalah. Pembagian tema sesuai dengan materi pokok perkuliahan. Tema dibagi secara acak kepada masing-masing mahasiswa. 2) Presentasi. Presentasi diperlukan untuk menguji pengetahuan mahasiswa terhadap makalah yang ditulisnya. Presentasi dilakukan di dalam kelas. Pendengar boleh mengajukan pertanyaan, kritik dan saran kepada mahasiswa yang sedang melakukan presentasi. Kedua, tugas kelompok. 1) Analisis kasus. Analisis kasus yang dimaksud adalah menganalisa persoalan-persoalan kontemporer yang terkait dengan mata kuliah. 2) Diskusi. Diskusi diperlukan untuk melatih mahasiswa aktif dalam menyampaikan pendapat. Tema diskusi disesuaikan dengan pokok bahasan. 3) Presentasi. Presentasi ini bertujuan untuk melatih mahasiswa mempertahankan gagasannya secara kelompok di depan orang lain. Tugas-tugas dalam mata kuliah ini sebagaimana yang tertulis di tautan berikut ini.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 15%; 3) Tugas-tugas sebesar 25%; 4) Ujian tengah semester sebesar 15%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Materi Perkuliahan:

  1. Kontrak Perkuliahan >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: Kontrak kuliahKode Etik Mahasiswa
  2. Pengertian dan Konsep Dasar Profesi Pendidikan >> 1) Pengertian profesi pendidikan; 2) Manfaat profesi kependidikan; 3) Ruang lingkup profesi pendidikan. 4) Syarat-syarat profesi kependidikan. Materi: Pengertian dan konsep dasar profesi pendidikan
  3. Kode Etik Profesi Keguruan >> 1) Pengertian kode etik; 2) Tujuan kode etik; 3) Penetapan kode etik; 4) Sanksi pelanggaran kode etik; 5) Kode etik guru indonesia. Materi: Kode etik guru indonesiaKode etik guru (presentasi)
  4. Organisasi Profesi Keguruan >> 1) Hakikat Organisasi  Profesi Keguruan; 2)Fungsi Organisasi Profesi Keguruan; 3) Tujuan Organisasi Profesi Keguruan; 4)Jenis-jenis Organisasi Profesi Keguruan yang Ada di Indonesia; 5)Ruang Lingkup Organisasi Profesi Keguruan. Materi: Organisasi Profesi GuruStandar Pengembangan KKG-MGMP
  5. Sasaran dan Pengembangan Sikap Profesional >>1) Pengertian Sikap Profesional Guru; 2)Pengertian Kinerja Profesional Guru; 3) Sasaran Sikap Profesional Guru; 4) Pengembangan Sikap Profesional; 5) Kinerja profesional guru; 6) Peningkatan Kinerja Profesional Guru. Materi: Sasaran dan pengembangan sikap profesionalUU No 14/2005/Guru dan DosenPP 74/2008/Guru; UU 20 tahun 2003/Sisdiknas
  6. Syarat-syarat menjadi Guru Profesional >> 1) Konsep profesiCiri-ciri Guru Yang Profesional; 2) Kompetensi yang harus dimiliki guru (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial); 3) Strategi Menjadi Guru Profesional.  4) Pengembangan sikap profesional. Materi:
  7. Ujian Tengah Semester
  8. Cara menjadi Komunikator dan Fasilitator >> 1) Dasar Komunikasi; 2) Teknik komunikasi; 3) Teknik memfasilitasi; 4) Tugas, wewenang, dan tanggung jawab. Materi:
  9. Prinsip-prinsip yang Perlu Diperhatikan dalam Pembelajaran >> 1) Prinsip Kesiapan; 2) Prinsip Motivasi; 3) Prinsip Persepsi; 4) Prinsip Tujuan; 5) Prinsip Perbedaan Individual; 6) Prinsip Transfer dan Retensi; 7) Prinsip Belajar Kogniti; 8) Prinsip Belajar Afektif; 9) Proses Belajar Psikomotor; 10) Prinsip Evaluasi. Materi:
  10. Cara Memotivasi Siswa >>1) belajar melalui model; 2) belajar kebermaknaan; 3) melakukan interaksi; 4) penyajian yang menariktemu tokoh; 5) mengulangi kesimpulan materi; 6) wisata alam. Materi:
  11. Permasalahan yang Dihadapi oleh Guru >> 1) Masalah umum; 2) Masalah khusus; 3) Membantu memberikan solusi terhadap permasalahan. Materi:
  12. Supervisi pendidikan >>1) Pengertian supervisi pendidikan; 2) Tugas supervisor pendidikan; 3) Tujuan supervisi pendidikan; 4) Teknik dan metode supervisi serta mampu merencanakan supervisi pendidikan. Materi:
  13. Review
  14. Review
  15. Ujian Kompetensi Mata Kuliah
  16. Ujian Akhir Semester

Daftar Bacaan

  • Ahmad Barizi. 2009. Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
  • Bagus Herdananto. 2009. Menjadi Guru Bermoral Profesional. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
  • Baharudin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  • Buchari Alma. 2009. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
  • Dadi Permadi & Daeng Arifin. 2013. Panduan Menjadi Guru Profesional. Bandung: Nuansa Aulia.
  • Deni Darmawan & Didi Supriadie. 2013. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Kenneth A. Strike. 2003. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Univ. Sanata Dharma.
  • Koester Pastowisastro, dkk. 1982. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.
  • Lantip Diat Prasojo. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media
  • M Ngalim Purwanto. 1991. Administrasi dan Supervisi Pendidkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  • Moh. Uzer Usman. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  • Mulyono Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta
  • Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia
  • Sardiman A.M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
  • Soetjipto. 2007. Profesi Keguruan. Bandung: Rineka Cipta
  • Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
  • Suharsimi Arikunto. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Gama Media
  • Tukiran Taniredja & Efi Miftah Faridli & Sri Harmianto. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta
  • Tukiran Taniredja & Irma Pujiati. & Nyata. 2013. Penelitian Tindakan Kelas: untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  • Udin Syaefudin Saud. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
  • Umbu Tagela  Ibi Leba & Sumardjono Padmomartono. 2014. Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ombak
  • Dan sebagainya.

Surat Cinta dari Mahasiswa

ide kita untuk kita