Pengembangan Media dan Alat Peraga IPA di SD

Mata Kuliah Pengembangan Media dan Alat Peraga IPA di Sekolah Dasar merupakan salah satu mata kuliah di pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Bobot mata kuliah ini adalah 2 sks. Diajarkan pada mahasiswa Tingkat III Semester 6, mata kuliah diharapkan mampu memberikan wawasan tentang pengembangan media dan alat peraga IPA di sekolah dasar.

Mata kuliah Pengembangan Media dan Alat Peraga IPA di sekolah dasar merupakan Mata Kuliah Pilihan (MKP) yang bertujuan untuk mengembangkan media dan alat peraga pembelajaran IPA di sekolah dasar. Terdapat tiga hal yang menjadi tujuan umum dari perkuliahan ini, yakni: 1) Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pengembangan media dan alat peraga IPA di sekolah dasar. 2) Mahasiswa dapat merencanakan media dan alat peraga IPA di sekolah dasar. 3) Mahasiswa dapat menyusun media dan alat peraga IPA di sekolah dasar. 4) Mahasiswa dapat mengembangkan media dan alat peraga IPA di sekolah dasar.

Mata kuliah ini terdiri dari pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Pada mata kuliah ini mengkaji beberapa hal yakni: Kesatu, Konsep dasar media pembelajaran IPA di SD. Pokok bahasan ini meliputi: 1) Pengertian media pembelajaran; 2) Fungsi dan manfaat media pembelajaran; 3) Landasan penggunaan media pembelajaran; 4) Ciri-ciri media pembelajaran. Kedua, Jenis dan karakteristik media pembelajaran IPA di SD. Pokok bahasan ini meliputi: 1) Jenis media berdasarkan ukurannya. 2) Jenis media berdasarkan sifatnya. 3) Jenis media berdasarkan kemampuan jangkauannya. Ketiga, Pemilihan media pembelajaran IPA di SD. Pokok bahasan ini meliputi: 1) Pemilihan media jadi dan media rancang; 2) Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran; 3) Kriteria pemilihan media pembelajaran. Keempat, Pengembangan media pembelajaran IPA di SD. Pokok bahasan ini meliputi: 1) Perencanaan media; 2) Pengorganisasian media; 3) Pelaksanaan media; 4) Monitoring dan evaluasi media. Kelima, Teknik penggunaan media pembelajaran IPA di SD. Pokok bahasan ini meliputi: 1) Penggunaan media pembelajaran berdasarkan tempat. 2) Penggunaan media secara terprogram. 3) Penggunaan media secara tidak terprogram; 4) Variasi penggunaan media. Keenam, Praktik penyusunan media dan simulasi pembelajaran IPA di SD.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 7%; 3) Tugas-tugas sebesar 28%; 4) Ujian tengah semester sebesar 20%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Penugasan sebagaimana ada di tautan berikut ini

Materi Perkuliahan

Materi dalam  mata kuliah ini adalah sebagai berikut:

  1. Kontrak Kuliah >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: Kontrak Pengembangan Media dan Alat Peraga IPA
  2. Konsep Dasar Media Pembelajaran IPA di SD >> 1) Pengertian media pembelajaran; 2) Fungsi dan manfaat media pembelajaran; 3) Landasan penggunaan media pembelajaran; 4) Ciri-ciri media pembelajaran. Materi:
  3. Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran IPA di SD >> 1) Jenis media berdasarkan ukurannya; 2) Jenis media berdasarkan sifatnya; 3) Jenis media berdasarkan kemampuan jangkauannya. Materi:
  4. Pemilihan Media Pembelajaran IPA di SD >> 1) Pemilihan media jadi dan media rancang; 2) Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran; 3) Kriteria pemilihan media pembelajaran. Materi:
  5. Pengembangan Media Pembelajaran IPA di SD >> 1) Perencanaan media; 2) Pengorganisasian media; 3) Pelaksanaan media; 4) Monitoring dan evaluasi media. Materi:
  6. Teknik Penggunaan Media Pembelajaran IPA di SD >> 1) Penggunaan media pembelajaran berdasarkan tempat; 2) Penggunaan media secara terprogram; 3) Penggunaan media secara tidak terprogram; 4) Variasi penggunaan media. Materi:
  7. Ujian Tengah Semester >> Materi:
  8. Praktik penyusunan media dan simulasi pembelajaran IPA di SD >> Materi:
  9. Review  dan Ujian Kompetensi >> Materi:
  10. Ujian Akhir Semester >> Materi:

ide kita untuk kita

%d blogger menyukai ini: