Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar

Mata kuliah Strategi Pembelajaran Sekolah Dasar merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan dasar-dasar tentang strategi pembelajaran. Terdapat tiga hal yang menjadi tujuan umum dari perkuliahan ini, yakni: 1) Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar strategi pembelajaran di sekolah dasar. 2) Mahasiswa dapat menyusun rancangan strategi pembelajaran di sekolah dasar.

Mata kuliah ini terdiri dari pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Pada mata kuliah ini mengkaji beberapa hal yakni: Kesatu, Orientasi program perkuliahan. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) kriteria penilaian; dan 4) Sistem pembelajaran. Kedua, Konsep dasar strategi pembelajaran. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Prinsip belajar dan pembelajaran; 2) Perbedaan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran; 3) Faktor penentu pemilihan strategi pembelajaran; 4) Jenis strategi pembelajaran. Ketiga, pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Tahap perkembangan siswa sekolah dasar; 2) Karakteristik pembelajaran di sekolah dasar. Keempat, Prosedur Pembelajaran. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Kegiatan awal pembelajaran; 2) Kegiatan inti pembelajaran; 3) Kegiatan akhir pembelajaran. Kelima, Pemilihan Metode Pembelajaran. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Hakikat pemilihan metode pembelajaran; 2) Faktor dalam pemilihan metode pembelajaran; 3) Jenis-jenis metode mengajar; 4) Hubungan pengalaman belajar dengan metode mengajar. Keenam, Pemilihan Media Pembelajaran. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Hakikat media pembelajaran. 2) Jenis media pembelajaran; 3) Pengelolaan media pembelajaran. Ketujuh, Keterampilan Dasar Mengajar. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran. 2) Keterampilan menjelaskan. 3) Keterampilan memberi pertanyaan. 4) Keterampilan memberikan penguatan dan variasi mengajar. 5) Keterampilan memimpin dan membimbing diskusi. Kedelapan, Disiplin Kelas. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Hakikat disiplin kelas; 2) Strategi penanganan dan penanaman disiplin kelas. Kesembilan, Kegiatan Remidial dan Pengayaan. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Kegiatan remedial; 2) Kegiatan pengayaan.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 7%; 3) Tugas-tugas sebesar 28%; 4) Ujian tengah semester sebesar 20%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Penugasan sebagaimana ada di tautan berikut ini

Materi Perkuliahan

Materi dalam  mata kuliah ini adalah sebagai berikut:

  1. Kontrak Kuliah >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: Kontrak BelajarRencana Pembelajaran SemesterAnalisis Capaian Kompetensi 
  2. Konsep Dasar Strategi Pembelajaran >> 1) Prinsip belajar dan pembelajaran; 2) Perbedaan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran; 3) Faktor penentu pemilihan strategi pembelajaran; 4) Jenis strategi pembelajaran. Materi: Konsep Dasar Strategi PembelajaranHakikat Belajar Pembelajaran;  Prinsip Belajar dan AplikasinyaSiklus BelajarGaya dan Masalah BelajarGaya dan Masalah Belajar
  3. Pembelajaran di Sekolah Dasar >> 1) Tahap perkembangan siswa sekolah dasar; 2) Karakteristik pembelajaran di sekolah dasar. Materi: Pembelajaran di Sekolah Dasar
  4. Prosedur Pembelajaran >>  1) Kegiatan awal pembelajaran; 2) Kegiatan inti pembelajaran; 3) Kegiatan akhir pembelajaran. Materi:
  5. Pemilihan Metode Pembelajaran. >>  1) Hakikat pemilihan metode pembelajaran; 2) Faktor dalam pemilihan metode pembelajaran; 3) Jenis-jenis metode mengajar; 4) Hubungan pengalaman belajar dengan metode mengajar. Materi:  Pengantar Pembelajaran InovatifPembelajaran InovatifTeam Teaching
  6. Pemilihan Media Pembelajaran >>  1) Hakikat media pembelajaran. 2) Jenis media pembelajaran; 3) Pengelolaan media pembelajaran. Materi: Konsep dasar media pembelajaran;  Jenis dan Karakter Media Pembelajaran;  Pemilihan media pembelajaran;  Tantangan penggunaan media pembelajaran;  Pengembangan media pembelajaran;  Teknik penggunaan media pembelajaran.
  7. Keterampilan Dasar Mengajar >>  1) Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran. 2) Keterampilan menjelaskan. 3) Keterampilan memberi pertanyaan. 4) Keterampilan memberikan penguatan dan variasi mengajar. 5) Keterampilan memimpin dan membimbing diskusi. Materi:  Keterampialan membuka dan menutup pembelajaranKeterampialan dasar menjelaskanKetarampilan dasar bertanyaKeterampilan dasar memberikan penguatanKeterampilan memberikan variasiKeterampilan memimpin diskusi
  8. Disiplin Kelas >>  1) Hakikat disiplin kelas; 2) Strategi penanganan dan penanaman disiplin kelas. Materi:
  9. Kegiatan Remidial dan Pengayaan >>  1) Kegiatan remedial; 2) Kegiatan pengayaan. Materi:

 

 

ide kita untuk kita

%d blogger menyukai ini: