Pengantar Penelitian Pendidikan

Mata kuliah Pengantar Penelitian Pendidikan merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan dasar-dasar tentang penelitian pendidikan. Terdapat tiga hal yang menjadi tujuan umum dari perkuliahan ini, yakni: 1) Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan. 2) Mahasiswa dapat mengklasifikasikan masalah-masalah dalam pendidikan. 3) Mahasiswa dapat menyusun rencana penelitian pendidikan.

Mata kuliah ini terdiri dari pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Pada mata kuliah ini mengkaji beberapa hal yakni: Kesatu, konsep dasar penelitian. Pokok bahasan ini mencakup tentang 1) Pengertian penelitian; 2) Tujuan penelitian; 3) Fungsi penelitian; dan 4) Syarat-syarat penelitian. Kedua, ragam penelitian. Pokok bahasan ini membahas tentang ragam penelitian ditinjau dari 1) tujuan, 2) bidang garapan, 3) tingkat kealamiahan tempat, 4) waktu, 5) tempat penelitian, 6) Hadirnya variabel, 7) Pendekatan analisis, 8) Kedalaman analisis, dan 9) Metode. Ketiga, prosedur dan kerangka penelitian. Pokok bahasan ini mencakup tentang, 1) Prosedur penelitian, 2) Kerangka penelitian, 3) Proposal penelitian. Keempat, masalah dalam penelitian. Pokok bahasan ini membahas tentang, 1) Pengertian masalah, 2) Sumber masalah, 3) Cara memilih masalah, 4) Merumuskan masalah. Kelima, teori penelitian. Pokok bahasan ini membahas tentang, 1)Pengertian teori, 2) Kegunaan teori dalam penelitian, 3) Kedudukan teori dalam penelitian, 4) Pendeskripsian teori. Keenam, populasi dan sampel penelitian. Pokok bahasan ini membahas tentang, 1) Subjek penelitian, 2) Objek penelitian, 3) Populasi penelitian, 4) Sampel penelitian. Ketujuh, sumber dan teknik pengumpulan data. Pokok bahasan ini membahas tentang, 1) Sumber data, 2) Teknik pengumpulan data. Kedelapan, etika penelitian. Pokok bahasan ini meliputi, 1) Pengertian etika, 2) Prinsip etika penelitian. Kesembilan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pokok bahasan ini meliputi, 1) Pengertian penelitian tindakan kelas, 2) Tujuan dan manfaat tindakan kelas, 3) Prinsip penelitian tindakan kelas, 4) Karakteristik penelitian tindakan kelas, 5) Model penelitian tindakan kelas, 6) Langkah dan prosedur penelitian tindakan kelas, 7) Syarat penelitian tindakan kelas, 8) Sasaran atau objek penelitian tindakan kelas, dan 9) Proposal penelitian tindakan kelas.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1) Kehadiran sebesar 5%; 2) Keaktifan sebesar 7%; 3) Tugas-tugas sebesar 28%; 4) Ujian tengah semester sebesar 20%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Mata kuliah ini menggunakan cooperative learning yang didahului dengan ceramah untuk memberikan gambaran tentang pokok bahasan. Setelah dosen memberikan ceramah, mahasiswa diberi kesempatan untuk diskusi, tanya jawab, studi kasus, penugasan terstruktur, penugasan tidak terstruktur, hingga praktik penyusunan rencana penelitian. Berkaitan dengan tugas-tugas,  sebagaimana ada di tautan berikut ini

Materi Perkuliahan

Silakan pilih artikel dengan mengklik tautan di bawah ini!

  1. Kontrak Kuliah >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: Kontrak belajarRPS/Silabus;  Analisis kompetensi
  2. Konsep Dasar Penelitian >> 1) Pengertian penelitian; 2) Tujuan penelitian; 3) Fungsi penelitian; 4) Syarat penelitian. Materi: Konsep Dasar Penelitian
  3. Ragam Penelitian >> 1) Penelitian ditinjau dari tujuannya; 2) Penelitian ditinjau dari bidangnya; 3) Penelitian berdasarkan tingkat kealamiahan tempat penelitian; 4) Penelitian berdasarkan waktunya; 5) Penelitian berdasarkan tempatnya; 6) Penelitian berdasarkan hadirnya variabel; 7) Penelitian berdasarkan pendekatan analisisnya; 8) Penelitian berdasarkan kedalaman analisisnya; 9) Penelitian berdasarkan metodenya. Materi: Ragam Penelitian
  4. Prosedur dan Kerangka Penelitian >> 1) Prosedur Penelitian; 2) Kerangka Penelitian; 3) Proposal penelitian. Materi: Prosedur Penelitian
  5. Masalah dalam Penelitian >> 1) Pengertian masalah; 2) Sumber masalah; 3) Cara memilih masalah; 4) Merumuskan masalah. Materi: Masalah Penelitian
  6. Teori dalam Penelitian >> 1) Pengertian teori; 2) Kegunaan teori dalam penelitian; 3) Kedudukan teori dalam penelitian; 4) Pendeskripsian teori. Materi: Teori Penelitian
  7. Populasi dan Sampel Penelitian Pendidikan >> 1) Subjek penelitian; 2) Objek penelitian; 3) Populasi penelitian; 4) Sampel penelitian. Materi: Populasi dan Sampel
  8. Sumber dan Teknik Pengumpulan Data >> 1) Sumber data; 2) Teknik pengumpulan data. Materi: Sumber dan Teknik Pengumpulan Data Penelitian
  9. Ujian Tengah Semester >> Kisi-kisiLatihan Soal 
  10. Etika Penelitian Pendidikan >> 1) Pengertian etika; 2) Prinsip etika penelitian. Materi: Etika Penelitian
  11. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) >> 1) Pengertian penelitian tindakan kelas; 2) Tujuan dan manfaat tindakan kelas; 3) Prinsip penelitian tindakan kelas; 4) Karakteristik penelitian tindakan kelas; 5) Model penelitian tindakan kelas; 6) Langkah dan prosedur penelitian tindakan kelas; 7) Syarat penelitian tindakan kelas; 8) Sasaran atau objek penelitian tindakan kelas; 9) Proposal penelitian tindakan kelas. Materi: 
  12. Praktik penyusunan rencana penelitian pendidikan
  13. Review dan Ujian Kompetensi >> Kisi-kisiLatihan Soal
  14. Ujian Akhir Semester >> Kisi-kisiLatihan Soal

ide kita untuk kita

%d blogger menyukai ini: