Metode Penelitian

Standar kompetensi yang hendak dicapai dalam mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat menerapkan metode penelitian dalam penyusunan skripsi. Terdapat dua manfaat mempelajari Metodologi Penelitian yakni 1) mahasiswa dapat memahami konsep dasar metode penelitian, 2) mahasiswa mampu menerapkan metode penelitian dalam penyusunan skripsi.

Mata kuliah ini meliputi kajian tentang kebenaran dan cara-cara memperoleh kebenaran; konsep dasar dan hakikat penelitian; ragam penelitian; langkah-langkah penelitian; masalah dan latar belakang masalah; landasan teori, kerangka pikir, hipotesis; data dan variabel penelitian; populasi dan sampel; pengumpulan data dan instrumen penelitian; analisis data, validitas dan reliabilitas data; dan penyusunan laporan penelitian.

Strategi pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran inovatif, diantaranya tanya jawab, curah pendapat, presentasi, diskusi, power of two, snowball, student Teams-Achievement Divisions (STAD), cooperative script, jigsaw, debate. Metode pembelajaran tersebut dilanjutkan dengan analisis persoalan hingga pada penugasan.

Persiapan Pembelajaran

Penugasan

Materi

Artikel Metodologi Penelitian

Iklan

9 thoughts on “Metode Penelitian”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ide kita untuk kita