Manajemen Kelas di SD

Mata Kuliah Manajemen Kelas di Sekolah Dasar merupakan salah satu mata kuliah di pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Bobot mata kuliah ini adalah 2 sks. Diajarkan pada mahasiswa Tingkat I Semester 2, mata kuliah diharapkan mampu memberikan wawasan tentang manajemen kelas di sekolah dasar bagi para mahasiswa.

Mata kuliah manajemen kelas di sekolah dasar merupakan mata kuliah keahlian (MKK) yang bertujuan untuk memahami manajemen kelas di sekolah dasar. Terdapat tiga hal yang menjadi tujuan umum dari perkuliahan ini, yakni: 1) Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar manajemen kelas di sekolah dasar; 2) Mahasiswa dapat merancang manajemen kelas di sekolah dasar; 3) Mahasiswa dapat menemukan model manajemen kelas di sekolah dasar.

Mata kuliah ini terdiri dari pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Pada mata kuliah ini mengkaji beberapa hal yakni: Kesatu, Orientasi program perkuliahan. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) kriteria penilaian; dan 4) Sistem pembelajaran. Kedua, Konsep-konsep dasar pengelolaan kelas. Pokok bahasan ini mencakup: 1) Pengertian Pengelolaan dan Manajemen; 2) Pengertian Kelas; 3) Pengertian Pengelolaan Kelas; 4) Pentingnya pengelolaan Kelas; 5) Tujuan Pengelolaan Kelas. Ketiga, Prinsip pengelolaan kelas. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Hangat dan Antusias; 2) Tantangan; 3) Bervariasi; 4) Keluwesan; 5) Penekanan pada hal-hal yang positif; 6) Penanaman disiplin diri. Keempat, Pendekatan dalam Manajemen Kelas. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Pendekatan manajerial; 2) Pendekatan psikologis. Kelima, Pengelolaan Lingkungan Belajar. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Konsep dasar pengelolaan lingkungan belajar; 2) Tujuan pengelolaan lingkungan belajar; 3) Prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan belajar; Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan lingkungan belajar. Keenam, Pengaturan Ruang Kelas. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Pentingnya pengaturan ruang kelas dalam pembelajaran; 2) Menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar; 4) Mengatur ruang kelas. Ketujuh, Pembinaan Disiplin dan Perilaku Anak. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Pengertian disiplin; 2) Pentingnya pembinaan disiplin dan perilaku anak; 3) Teknik pembinaan dan penerapan disiplin kelas; 4) Pemeliharaan dan peningkatan perilaku disiplin anak; 5) Penerapan hukuman dan hadiah. Kedelapan, Penciptaan Iklim Kelas. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Penciptaan iklim kelas; 2) Pentingnya penciptaan iklim kelas; 3) Pengembangan komunikasi di kelas. Kesembilan, Hambatan-hambatan dalam Pengelolaan Kelas. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Pengenalan masalah anak; 2) Jenis masalah anak dalam pengelolaan kelas. 3) Pendekatan penanggulangan masalah anak

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 7%; 3) Tugas-tugas sebesar 28%; 4) Ujian tengah semester sebesar 20%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Penugasan sebagaimana ada di tautan berikut ini

Materi Perkuliahan

Materi dalam  mata kuliah ini adalah sebagai berikut:

  1. Kontrak Kuliah >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: Analisis kompetensi manajemen KelasKontrak Belajar Manajemen Kelas; RPS Manajemen Kelas
  2. Konsep-konsep dasar pengelolaan kelas >> 1) Pengertian Pengelolaan dan Manajemen; 2) Pengertian Kelas; 3) Pengertian Pengelolaan Kelas; 4) Pentingnya pengelolaan Kelas. Materi:
  3. Prinsip pengelolaan kelas >> 1) Hangat dan Antusias; 2) Tantangan; 3) Bervariasi; 4) Keluwesan; 5) Penekanan pada hal-hal yang positif. Materi:
  4. Pendekatan dalam Manajemen Kelas >> 1) Pendekatan manajerial; 2) Pendekatan psikologis. Materi:
  5. Pengelolaan Lingkungan Belajar >> 1) Konsep dasar pengelolaan lingkungan belajar; 2) Tujuan pengelolaan lingkungan belajaR; 3) Prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan belajar. Materi:
  6. Pengaturan Ruang Kelas >> 1) Pentingnya pengaturan ruang kelas dalam pembelajaran; 2) Menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar; 3) Mengatur ruang kelas. Materi:
  7. Ujian Tengah Semester >> Materi:
  8. Pembinaan Disiplin dan Perilaku Anak >> 1) Pengertian disiplin; 2) Pentingnya pembinaan disiplin dan perilaku anak; 3) Teknik pembinaan dan penerapan disiplin kelas; 4) Pemeliharaan dan peningkatan perilaku disiplin anak; 5) Penerapan hukuman dan hadiah. Materi:
  9. Penciptaan Iklim Kelas >> 1) Penciptaan iklim kelas; 2) Pentingnya penciptaan iklim kelas; 3) Pengembangan komunikasi di kelas. Materi:
  10. Hambatan-hambatan dalam Pengelolaan Kelas >> 1) Pengenalan masalah anak; 2) Jenis masalah anak dalam pengelolaan kelas; 3) Pendekatan penanggulangan masalah anak. Materi:
  11. Penyusunan model pengelolaan kelas di sekolah dasar >> Materi:
  12. Review  dan Ujian Kompetensi >> Materi:
  13. Ujian Akhir Semester >> Materi:

ide kita untuk kita

%d blogger menyukai ini: