Filsafat Ilmu

Standar kompetensi yang hendak dicapai pada mata kuliah Filsafat Ilmu adalah agar mahasiswa dapat menerapkan filsafat ilmu sebagai landasan berfikir. Dengan bobot 2 SKS, Setidaknya ada dua manfaat mempelajari mata kuliah ini yakni 1) Mahasiswa dapat memahami konsep dasar filsafat ilmu. 2) Mahasiswa dapat menerapkan filsafat ilmu sebagai landasan berfikir.

Dalam pembelajaran di kelas, mata kuliah ini menggunakan strategi pembelajaran langsung. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran inovatif, diantaranya tanya jawab, curah pendapat, presentasi, diskusi, debat, dan sebagainya. Metode pembelajaran tersebut dilanjutkan dengan analisis persoalan hingga pada penugasan.

Penugasan terdiri dari dua bentuk, yakni penugasan individu dan penugasan kelompok. Pembagian tema/topik tugas disesuaikan dengan materi pokok perkuliahan. Tema dibagi secara acak kepada masing-masing mahasiswa/kelompok. Setiap tugas diwajibkan untuk dipresentasikan. Presentasi diperlukan untuk menguji pengetahuan mahasiswa terhadap makalah yang ditulisnya. Presentasi dilakukan di dalam kelas. Pendengar boleh mengajukan pertanyaan, kritik dan saran kepada mahasiswa yang sedang melakukan presentasi.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 15%; 3) Tugas-tugas sebesar 25%; 4) Ujian tengah semester sebesar 15%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Penugasan sebagaimana ada di tautan berikut ini

Materi Perkuliahan

Silakan pilih artikel dengan mengklik tautan di bawah ini!

  1. Kontrak Kuliah >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: RPS; Kontrak; Analisis kompetensi 
  2. Pengertian dan ruang lingkup filsafat ilmu: 1) Pengertian filsafat ilmu; 2) Objek kajian filsafat ilmu; 3) Tujuan belajar filsafat ilmu; 4) Fungsi dan arah filsafat ilmu. Materi: Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Ilmu
  3. Sejarah perkembangan ilmu: 1) Perkembangan ilmu pada masa Yunani Kuno; 2) Perkembangan ilmu pada masa abad pertengahan; 3) Perkembangan ilmu pada masa modern; 4) Perkembangan ilmu pada masa pasca modern. Materi: Sejarah Perkembangan Ilmu
  4. Dasar-dasar ilmu: 1) Ontologi keilmuan; 2)Epistemologi keilmuan; 3) Aksiologi keilmuan. Materi: Dasar-dasar Ilmu
  5. Sarana berfikir ilmiah: 1) Bahasa sebagai sarana berfikir ilmiah; 2) Matematika sebagai sarana berfikir ilmiah; 3) Statistika sebagai sarana berfikir ilmiah. Materi: Sarana Berfikir Ilmiah
  6. Pengetahuan dan ukuran kebenaran: 1) Definisi dan jenis pengetahuan; 2) Hakikat dan sumber pengetahuan; 3) Kriteria kebenaran; 4) Hierarki ilmu. Materi: Ukuran kebenaran
  7. Pengetahuan filsafat: 1) Ontologi pengetahuan filsafat; 2) Epistemologi pengetahuan filsafat; 3) Aksiologi pengetahuan filsafat. Materi:
  8. Pengetahuan sains: 1) Ontologi pengetahuan sains; 2) Epistemologi pengetahuan sains; 3) Aksiologi pengetahuan sains. Materi:
  9. Pengetahuan mistik: 1) Ontologi pengetahuan mistik; 2) Epistemologi pengetahuan mistik; 3) Aksiologi pengetahuan mistik. Materi: Pengetahuan Mistik
  10. Ilmu sebagai aktivitas penelitian dan metode ilmiah: 1) Manusia dan masalahnya dalam kehidupan; 2) Metode ilmiah dalam penelitian. Materi: Ilmu sebagai aktifitas penelitian
  11. Etika keilmuan: 1) Problem etika ilmu pengetahuan; 2) Ilmu bebas nilai atau tidak bebas nilai; 3) Sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan. Materi:
  12. Tantangan dan masa depan ilmuan: 1) Gambaran perkembangan keilmuan di masa depan; 2) Tantangan ilmuwan dalam perkembangan ilmu; 3) Peran ilmuwan dalam pekembangan ilmu. Materi:

5 tanggapan untuk “Filsafat Ilmu”

  1. Ma’af idzin copy buat pengetahuan…………Thank’s jazakumullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

ide kita untuk kita

%d blogger menyukai ini: