Perspektif Global

Mata Kuliah Perspektif Global merupakan salah satu mata kuliah di pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Bobot mata kuliah ini adalah 2 sks. Diajarkan pada mahasiswa Tingkat I Semester 1, mata kuliah diharapkan mampu memberikan wawasan global bagi para mahasiswa. 

Secara umum, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep perspektif global dan mengkaitannya dengan pembelajaran di Sekolah Dasar. Secara khusus, mata kuliah ini bertujuan agar: 1) Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar perspektif global. 2) Mahasiswa dapat menganalisis isu dan masalah global dalam kaitannya dengan pembelajaran di Sekolah Dasar. 3) Mahasiswa dapat merancang model pembelajaran berperspektif global.

Mata kuliah Perspektif Global merupakan Mata Kuliah Keahlian (MKK) yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan dasar-dasar tentang strategi pembelajaran. Terdapat tiga hal yang menjadi tujuan umum dari perkuliahan ini, yakni: 1) Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar perspektif global; 2) Mahasiswa dapat menganalisis isu dan masalah global dalam kaitannya dengan pembelajaran di Sekolah Dasar; 3) Mahasiswa dapat merancang model pembelajaran berperspektif global.

Mata kuliah ini terdiri dari pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Pada mata kuliah ini mengkaji beberapa hal yakni: Kesatu, Orientasi program perkuliahan. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) kriteria penilaian; dan 4) Sistem pembelajaran. Kedua, Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi. Ketiga, Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global. Keempat, Keanekaragaman penduduk dunia. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama. Kelima, Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional. Keenam, Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya. Ketujuh, Dampak-dampak Globalisasi. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif. Kedelapan, Isu-isu Global Masa Kini. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi. Kesembilan, Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global. Kesepuluh, Model evaluasi perspektif global di sekolah dasar. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Hakikat evaluasi; 2) Prosedur evaluasi; 3) Alat evaluasi.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 7%; 3) Tugas-tugas sebesar 28%; 4) Ujian tengah semester sebesar 20%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Penugasan sebagaimana ada di tautan berikut ini

Materi Perkuliahan

Materi dalam  mata kuliah ini adalah sebagai berikut:

  1. Orientasi program perkuliahan >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) kriteria penilaian; dan 4) Sistem pembelajaran. Materi: Kontrak PerkuliahanRencana Pembelajaran SemesterAnalisis Capaian Kompetensi
  2. Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi. Materi: Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global
  3. Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global. Materi: Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global
  4. Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama. Materi: Keanekaragaman penduduk dunia
  5. Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional. Materi: Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi
  6. Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya. Materi: Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang
  7. Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif. Materi:
  8. Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi. Materi:
  9. Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global. Materi:
  10. Model evaluasi perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat evaluasi; 2) Prosedur evaluasi; 3) Alat evaluasi. Materi:

ide kita untuk kita

%d blogger menyukai ini: