Penelitian Pendidikan I (Kualitatif)

Mata kulia Penelitian Pendidikan I adalah salah satu mata kuliah yang ada di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan dasar-dasar tentang penelitian pendidikan. Mata kuliah ini memfokuskan pada metode kualitatif. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Keahlian (MKK).

Secara umum, mata kuliah ini hendak memberi bekal kepada mahasiswa agar mampu untuk melaksanakan penelitian pendidikan dengan menggunakan metode kualitatif. Secara khusus, terdapat tiga hal yang menjadi tujuan dari perkuliahan ini, yakni: 1) Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan dengan menggunakan metode kualitatif. 2) Mahasiswa dapat menyusun rencana penelitian pendidikan dengan menggunakan metode kualitatif. 3) Mahasiswa dapat melaksanakan penelitian pendidikan dengan menggunakan metode kualitatif.

Mata kuliah ini terdiri dari pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Pada mata kuliah ini mengkaji beberapa hal yakni: Kesatu, Orientasi program perkuliahan. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Kedua, Konsep Dasar Penelitian Kualitatif. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Pengertian penelitian kualitatif; 2) Fungsi dan pemanfaatan penelitian kualitatif; 3) Karakteristik penelitian kualitatif; 4) Landasan teoris penelitian kualitatif; 5) Perbedaan dengan penelitian kuantitatif. Ketiga, Prinsip dan Ciri Penelitian Kualitatif. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Prinsip penelitian kualitatif; 2) Ciri penelitian kualitatif. Keempat, Ragam Penelitian Kualitatif. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Fenomenologi; 2) Ethnografi; 3) Studi Kasus; 4) Historis; 5) Teori Dasar (Grounded Teory). Kelima, Identifikasi dan Perumusan Masalah dalam Penelitian Kualitatif. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Identifikasi permasalahan; 2) Pembatasan masalah; 3) Perumusan masalah. Keenam, Penyusunan Teori dalam penelitian kualitatif. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Makna teori; 2) Fungsi teori; 3) Teori dalam penelitian kualitatif. Ketujuh, Pengumpulan Data Kualitatif. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Penyusunan Pedoman dokumentasi; 2) Penyusunan Pedoman observasi; 3) Penyusunan Pedoman wawancara. Kedelapan, Analisisi dan Interpretasi Data kualitatif. Pokok bahasan ini mencakup tentang: 1) Makna Analisis data kualitatif; 2) Tahapan analisis data kualitatif; 3) Model analisis data kualitatif. Kesembilan, penyusunan proposal penelitian kualitatif. Kesepuluh, Penyusunan laporan penelitian kualitatif.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 7%; 3) Tugas-tugas sebesar 28%; 4) Ujian tengah semester sebesar 20%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Penugasan sebagaimana ada di tautan berikut ini

Materi Perkuliahan

Materi dalam  mata kuliah ini adalah sebagai berikut:

  1. Orientasi program perkuliahan >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran. Materi: Kontrak Belajar;  Rencana Pembelajaran SemesterAnalisis Capaian Kompetensi 
  2. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif >> 1) Pengertian penelitian kualitatif; 2) Fungsi dan pemanfaatan penelitian kualitatif; 3) Karakteristik penelitian kualitatif; 4) Landasan teoris penelitian kualitatif; 5) Perbedaan dengan penelitian kuantitatif. Materi: Konsep Dasar Penelitian Kualitatif
  3. Prinsip dan Ciri Penelitian Kualitatif >> 1) Prinsip penelitian kualitatif; 2) Ciri penelitian kualitatif. Materi: 2. Prinsip dan Ciri Penelitian Kualitatif
  4. Ragam Penelitian Kualitatif >> 1) Fenomenologi; 2) Ethnografi; 3) Studi Kasus; 4) Historis; 5) Teori Dasar (Grounded Teory)Materi: 3. Ragam Penelitian Kualitatif
  5. Identifikasi dan Perumusan Masalah dalam Penelitian Kualitatif >> 1) Identifikasi permasalahan; 2) Pembatasan masalah; 3) Perumusan masalah. Materi:
  6. Penyusunan Teori dalam penelitian kualitatif >> 1) Makna teori; 2) Fungsi teori; 3) Teori dalam penelitian kualitatif. Materi:
  7. Pengumpulan Data Kualitatif >> 1) Penyusunan Pedoman dokumentasi; 2) Penyusunan Pedoman observasi; 3) Penyusunan Pedoman wawancara. Materi:
  8. Analisisi dan Interpretasi Data kualitatif >> 1) Makna Analisis data kualitatif; 2) Tahapan analisis data kualitatif; 3) Model analisis data kualitatif. Materi:
  9. Penyusunan proposal penelitian kualitatif. Materi:
  10. Penyusunan laporan penelitian kualitatifMateri:

ide kita untuk kita