Khutbah Jumat: Menjemput Qurban

ALBA News | Kamis, 25 Juni 2020. Berikut ini naskah khutbah Jumat untuk bulan Dhukhaidah 1441 H. Sekiranya ada yang berlebih, dikurang. Ada yang kurang boleh di tambah. Semoga bermanfaat:

Unduh naskah lengkap di tautan ini:
Khutbah Jumat 2020_Menjemput Qurban

_____________________________________

Menjemput Qurban

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ. أَمَّا بَعْدُ؛ فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah, dengan mencermati semua perbuatan yang akan kita lakukan. Sekiranya itu perintah Allah, maka laksanakan. Jika itu larangan Allah, maka batalkan. Dengan bertakwa, insyallah kita akan menjadi manusia yang bahagia. Dunia maupun di akhirat.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Hari ini, Jumat Pon, 26 Juni 2020. Ini adalah hari keempat bulan Dzulkaidah tahun 1441 H. Itu artinya, 35 hari lagi, waktu untuk qurban akan segera tiba. Sebagaimana kita ketahui, Qurban merupakan bagian yang tidak terpisahkan, dari rangkaian hari raya Idul Adha.

Sudah empat hari ini pula, kita telah memasuki bulan, dimana setan mencurahkan sekuat tenaga. Mencari-cari celah di hati. Berupaya menggagalkan niat para umat muslim yang berkecukupan. Di seluruh pelosok dunia. Termasuk kita, yang berada di lingkungan Winongan, Desa Sirnoboyo ini.

Setan berupaya membelenggu hati para mereka yang mampu. Yang sebenarnya dalam waktu 35 hari lagi, bisa menunaikan ibadah qurban.

Setan tidak pernah ikhlas terhadap semua upaya kita, untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ia selalu mencari cara, agar upaya yang kita bangun, mengalami kegagalan. Ia selalu meniupkan keragu-raguan, ke dalam hati setiap manusia. Hingga manusia menggagalkan niat, untuk menjalankan ibadah qurban yang mulia.

Setan menjelma menjadi ahli matematika, yang membisikkan ke dalam jiwa, hingga yang ada dalam pikiran, hanyalah kekurangan harta belaka. Setan menjelma menjadi ahli ekonomi, lalu membisikkan ke dalam hati, hingga ibadah qurban dibenturkan dengan untung dan rugi.

Setan menjelma menjadi ahli pendidikan, menampakkan segala keperluan, yang dibutuhkan oleh anak kita yang sedang sekolah. Lalu mengatakannya kepada kita, “pendidikan anak adalah segalanya”.

Setan menjelma menjadi ahli kedokteran, lalu menampakkan riwayat segala jenis gangguan kesehatan, hingga hati kita ragu untuk melangkah. Khawatir jika tiba-tiba gangguan kesehatan itu benar-benar datang, dan uang, sudah terlanjur disetorkan kepada panitia Qurban.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Di wilayah Kabupaten Pacitan, rata-rata harga satu ekor kambing berkisar 2,5 juta hingga 3 juta rupiah. Sementara itu, harga satu ekor sapi rata-rata berkisar 21 jutaan. Jika harga satu sapi ditanggung oleh tujuh orang, maka setiap orang akan mengeluarkan uang qurban, sejumlah 3 juta rupiah. Jumlah itu belum termasuk dengan biaya pengelolaan, yang setiap masjid dan mushola berbeda-beda besarannya.

Uang 3 juta rupiah bukanlah uang yang sedikit. Tiga juta adalah uang yang banyak. Bahkan UMK atau Upah Minimum Kabupaten untuk Kabupaten Pacitan, jauh di bawah itu.

Tapi, mari kita rinci. Jika dalam satu tahun ada 365 hari, maka kita hanya perlu menabung sebesar Rp8.219,- di tiap harinya. Jika kita istiqomah dengan ini, uang 3 juta rupiah, akan terkumpul dalam waktu satu tahun. Harga hewan Qurban menjadi nampak mahal, karena terakumulasi dalam waktu satu tahun. Inilah celah yang digunakan oleh setan, untuk membuat hati kita ragu, hingga kita merasa belum mampu.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Inti dari qurban adalah keikhlasan. Ikhlas di dalam menjalankan perintah. Berupaya melawan nafsu kikir. Mengubur sifat tamak. Lalu membangkitkan energi syukur. Mensyukuri segala rezeki yang telah kita dapati.

Allah Swt berfirman dalam Surat Al Kautsar ayat 1-2:

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Sesungguhnya, Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka, dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berqorbanlah.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Setan tidak berhenti menggoda, meski kita telah memutuskan diri, untuk menunaikan qurban di tahun ini. Ia terus mencari celah yang ada di dalam hati, agar bisa dimasuki. Jika kita sudah berhasil menjadi sohibul qurban atau orang yang berqurban, godaan setan muncul dalam bentuk keinginan meminta bagian daging kurban, di luar ketentuan.

Setan juga hadir dalam wujud rasa ketidakpercayaan kepada panitia Qurban. Ada keinginan yang besar untuk mencampuri segala bentuk kebijakan, yang telah diputuskan oleh panitia. Padahal, kita sudah berikrar untuk menyerahkan pengelolaan sepenuhnya, kepada mereka.

Maka, di bulan Dzhulqoidah inilah, waktu yang paling tepat untuk menata niat. Menutup segala celah, yang bisa dijadikan pintu oleh setan, untuk mengurangi kadar keikhlasan qurban kita.

Allah Swt berfirman dalam Surat Al Hajj ayat 37

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَٰكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

Jamaah Jumat rohimakumullah

Setan tetap tidak tinggal diam. Ia akan menggoda siapa saja. Tidak hanya menggoda para sohibul qurban. Setan pun mulai merasuki hati para panitia qurban.

Setan akan muncul dalam wujud sistem pengelolaan qurban, yang ala kadarnya. Mengabaikan kesalahan di tahun sebelumnya. Lalu mengulangi kesalahan itu, di tahun ini.

Setan juga akan muncul dalam bentuk keserakahan oknum panitia, untuk memiliki setiap potongan daging kurban, yang bukan menjadi haknya.

Allah Swt berfirman dalam Surat Al Baqarah 168:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Maka, agar tidak terjadi hal yang demikian, inilah saatnya. Bulan Dzulqaidah adalah saat yang paling tepat bagi para takmir Masjid atau Mushola, untuk merencanakan semuanya.

Tiga puluh lima hari yang tersisa, bukanlah waktu yang lama. Perlu ada perencanaan yang tepat. Evaluasi yang cermat. Agar hal-hal yang tidak diinginkan, tidak terjadi di kepanitiaan qurban tahun ini.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Qurban menyadarkan kepada kita, bahwa kita adalah makhluk sosial. Kita selalu butuh orang lain. Maka, inilah saatnya. Yang memiliki rezeki lebih, berbagi dengan hewan qurbannya. Yang belum memiliki rezeki yang lebih, berbagi dengan tenaganya. Yang belum memiliki tenaga, berbagilah dengan doa. Kombinasi ini, akan menjadikan Islam semakin berkibar di lingkungan kita.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ.  أَقُولُ قَوْ لِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيْمُ.

 

Khutbah Kedua

الْحَمْدُ ِللهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. وَأَشْهَدُ أَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، الْمُتَعَالِيْ عَنِ الْمُشَارَكَةِ وَالْمُشَاكَلَةِ لِسَائِرِ الْبَشَرِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ النَّبِيُّ الْمُعْتَبَرُ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيـِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ (أَمَّا بَعْدُ)

فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ صَلَّى عَلَى نَبِيِّهِ قَدِيْمًا. إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ وَغَافِرَ الذُّنُوْبِ وَالْخَطِيْئَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَ الْمُسلِمِين. اللَّهُمَّ انْصُرْ إِخْوَاننَاَ الْمُسلِمِين وَ المُجَاهِدِينَ فِي فَلِسْطِينَ. اللَّهُمَّ ثَبِّتْ إِيمَانَهُمْ وَ أَنْزِلِ السَّكِينَةَ عَلَى قُلُوبِهِم وَ وَحِّدْ صُفُوفَهُمْ. اللَّهُمَّ أَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَ المُشْرِكِينَ . اللَّهُمَّ انْصُرْ المُجَاهِدِينَ عَلَى أَعْدَائِنَا أَعْدَاءَ الدِّين.  بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّحِمِينَ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ آمَنُوْا, رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ. رَبَّنَآ أَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

عِبَادَ اللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s