Khutbah Jumat: Nyamuk dan Hikmah Penciptaannya

ALBA News | Kamis, 12 Maret 2020. Berikut ini naskah khutbah jumat Edisi Jumat Pon, 13 Maret 2020. Sekiranya ada yang berlebih, dikurang. Ada yang kurang boleh di tambah. Semoga bermanfaat:

Unduh naskah lengkap di sini:
>>> Khutbah Jumat 2020_Nyamuk dan Hikmah Penciptaannya

__________

NYAMUK DAN HIKMAH PENCIPTAANYA

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ. أَمَّا بَعْدُ؛ فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah, dengan mencermati semua perbuatan yang akan kita lakukan. Sekiranya itu perintah Allah, maka laksanakan. Jika itu larangan Allah, maka batalkan. Dengan bertakwa, insyallah kita akan menjadi manusia yang bahagia. Dunia maupun di akhirat.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Alhamdulillah, kita sudah memasuki musim penghujan. Para petani tidak lagi kesulitan air. Sumur-sumur kita, sudah mulai terisi kembali. Tanaman di sekeliling rumah, mulai hijau dan bersemi.

Di musim penghujan ini, mari kita menjaga kesehatan. Meningkatkan daya imunitas tubuh. Mengutamakan makanan dan minuman yang bergizi. Karena sehat, sebagai salah satu modal utama untuk beribadah dan mencari nafkah.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Di musim penghujan ini pula, Allah telah menunjukkan kuasanya. Allah hadirkan nyamuk di tengah-tengah kita. Selisih hujan dan panas yang demikian cepat, menjadikan populasinya terus bertambah. Bahkan, ia menjadi perantara datangnya beragam penyakit.

Ada kalanya kita bertanya, mengapa Allah menciptakan nyamuk? Seekor hewan kecil, yang sering dianggap sebagai pengganggu bagi ketenangan manusia.

Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 164:

وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

“Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Selalu ada hikmah dari setiap penciptaan, yang bisa diambil oleh manusia. Termasuk dengan meningkatnya populasi nyamuk di lingkungan kita.

Hikmah itu diantaranya: Pertama, hadirnya nyamuk di tengah-tengah kita, menjadikan pembelajaran bagi manusia untuk tidak berlaku sombong.

Manusia adalah makhluk yang sempurna. Dan menjadi makhluk yang paling sempurna di antara makhluk-makhluk Allah, yang ada di alam semesta. Bahkan, manusia lebih sempurna dari malaikat dan iblis, yang telah diciptakan sebelumnya. Ini disebabkan karena Allah menyertakan akal dalam dirinya.

Kesempurnaan penciptaan manusia, bukan kemudian diartikan, tidak ada makhluk yang bisa mengalahkannya. Di hadapan Allah, manusia tetaplah menjadi makhluk yang lemah.

Tidak ada yang patut untuk disombongkan dari sebuah kesempurnaan itu. Manusia bisa menjadi tidak berdaya hanya karena satu ekor nyamuk. Bahkan dalam suatu lingkungan, bisa direpotkan dengan keberadaan mereka, yang ukurannya jauh lebih kecil dari tubuh manusia.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Ada beragam penyakit yang diderita manusia, yang dilantarkan oleh nyamuk. Penyakit itu diantaranya: Demam Berdarah, Malaria, Zika, Filariasis (kaki gajah), Yellow Fever (demam kuning) dan Chikungunya. Memasuki musim penghujan ini, semuanya jenis penyakit ini perlu diwaspadai.

Di Kabupaten Pacitan, dampak yang ditimbulkan dari bertambahnya populasi nyamuk ini terus mengalami peningkatan. Penyakit demam berdarah, berpotensi untuk menjadi wabah.

Data Dinas Kesehatan menunjukkan bahwa, hingga hari Senin tanggal 9 Maret 2020, sudah ada 319 kasus demam berdarah se-Kabupaten Pacitan. Kecamatan Pacitan menjadi penyumbang angka tertinggi, dibanding kecamatan yang lain.

Jumlah penderita demam berdarah di Kecamatan Pacitan mencapai 155 kasus. Disusul oleh Kecamatan Sudimoro, sebesar 39 kasus. Kecamatan Kebonagung, sejumlah 23 kasus. Sisanya, terbagi hampir merata di seluruh kecamatan se-Kabupaten Pacitan.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Hikmah yang kedua yang bisa kita ambil dari penciptaan seekor nyamuk adalah, bahwa Allah tidak pernah main-main dalam setiap penciptaannya. Meskipun kecil, nyamuk diciptakan dengan detail dan sempurna.

Nyamuk mempunyai 100 mata pada kepalanya. Mempunyai 48 gigi di dalam mulutnya. Dan mempunyai 3 jantung di dalam tubuhnya. Satu jantung sebagai pusat. Dua jantung sisanya untuk mengatur kedua sayapnya.

Nyamuk mempunyai radar yang dapat mendeteksi berbagai hal. Melalui indikator suhu tubuh, ia dapat mendeteksi keberadaan manusia. Ia mempunyai organ yang dapat mengencerkan darah, sehingga darah yang dihisap mudah mengalir melalui sungutnya yang halus.

Nyamuk juga memiliki organ yang bisa membius. Yang menjadikan orang yang sedang digigit, tidak merasa sakit. Kecepatan kepak sayapnya, mencapai 600 kepakan per detik. Oleh sebab itu, kepakan sayap nyamuk bisa menimbulkan suara dengungan yang ditangkap oleh telinga kita.

Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 26.

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ

“Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan, berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?”. Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Nyamuk dikenal sebagai serangga penghisap darah dan hidup dari darah yang dihisapnya. Tapi, informasi tersebut tidak sepenuhnya benar. Nyamuk tidak memakan darah. Makanan utamanya adalah sari-sari bunga.

Hanya nyamuk betina saja yang mengisap darah. Itupun tidak untuk dirinya. Nyamuk betina mengisap darah karena sedang bertelur. Telur membutuhkan protein untuk tumbuh. Dan salah satu sumber protein terdapat pada darah. Protein ia gunakan untuk keberlangsungan proses metamorfosa hingga menjadi nyamuk dewasa. Inilah cara nyamuk menjaga kelangsungan generasinya.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Fakta-fakta ini menjadikan pelajaran yang sangat berharga bagi manusia. Siapa pun yang ingin tidak terdampak dari meningkatnya populasi nyamuk, tentu harus menjaga kebersihan lingkungan.

Tidak membiasakan menggantung pakaian dalam jangka waktu yang lama di dalam kamar. Pakaian yang tergantung bisa menjadi tempat persembunyian mereka. Perlu secara berkala memeriksa keberadaan bak penampungan air yang ada di sekitar rumah kita.

Air yang berhenti dalam jangka waktu satu minggu saja, sudah berpotensi menetaskan lebih dari 150 nyamuk dewasa. Selain itu, membiasakan menutup tempat penampungan air, mendaur ulang barang-barang bekas yang beresiko menampung air hujan, juga mampu mengurangi resiko membludaknya populasi nyamuk.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Mari kita kontrol dengan baik populasi nyamuk di lingkungan kita. Agar jumlahnya tidak melebihi yang sewajarnya. Agar keinginan mereka untuk menjaga keberlangsungan generasinya, tidak merugikan keberlangsungan generasi kita.

“Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. (Q.S. Ali Imran ayat 191)

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ.  أَقُولُ قَوْ لِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيْمُ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s