TPA ALBA Gelar Ujian Terbuka #1 Tahfidz Juz 30

ALBA News | Ahad, 1 September 2019. Di awal tahun baru hijriyah,  Taman Pendidikan Al Quran Mushola Al Barokah (TPA ALBA) Sirnoboyo Pacitan. menggelar Ujian Terbuka Tahfidz Quran Juz 30. Santri yang diuji bernama Suci Setyowati.

Suci adalah putri dari pasangan Bapak Suhardi dan Ibu Sri Wahyuni. Umurnya sebelas tahun, sembilan bulan. Ia kelas 6 di SDN Sirnoboyo 2 Pacitan.

Kegiatan Ujian Terbuka Tahfidz ini merupakan tindak lanjut dari Ujian Tertutup yang telah ditempuh oleh Suci pada tanggal 30 Juli 2019 lalu. Dihadapan para ustadz dan ustadzahnya, ia berhasil menjawab semua tantangan. Hasilnya, Suci dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Ujian Terbuka.

Ujian terbuka berlangsung di ruang utama Mushola Al Barokah. Dilaksanakan dua jam setelah pergantian tahun Hijriyah. 1 Muharram 1441 H atau 31 Agustus 2019 M.

Hadir sebagai penguji, Ustadzah Sujilah (Ar Rahmah Boarding School Pacitan), Ustadzah Nurhidayati (TPA ALBA), dan Kak Rizki Dwi Maharani (alumni santri TPA ALBA).

Kegiatan yang dihadiri oleh wali santri, jamaah mushola, dan santri TPA ALBA ini berlangsung mendebarkan. Bagaimana tidak, Suci dihujani dengan berbagai pertanyaan oleh para yang hadir di mushola.

Pertanyaannya berkisar tentang sambung ayat sesudahnya, sambung ayat sebelumnya, tebak surat, hingga sambung surat. Tercatat, ada 12 santri, 2 wali santri, ustadz/ustadzah TPA ALBA dan para dewan penguji utama yang memberikan pertanyaan. Namun, yang paling spesial adalah pertanyaan dari ibu kandung Suci. Yang membuat gerimis di kedua mata.

Semua pertanyaan dijawab lancar oleh Suci. Salahnya hanya satu. Itupun ketika diberikan pancingan, Suci bisa lancar kembali.

Ditemui secara terpisah, Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA ALBA menuturkan tujuan digelarnya kegiatan ini. Gelaran kegiatan ini diharapkan mampu memasyarakatkan hafalan Quran kepada para santri di TPA ALBA. Selain itu, meningkatkan semangat santri untuk menghafal Al Quran. Dan mengoptimalkan dukungan orang tua kepada santri dalam menghafal Al Quran.

Kegiatan yang didukung oleh Takmir Mushola Al Barokah, Rumah Zakat Indonesia, dan wali santri TPA ALBA ini, berjalan sesuai rencana. Selamat untuk Suci!

Tonton video di sini

Satu komentar pada “TPA ALBA Gelar Ujian Terbuka #1 Tahfidz Juz 30”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s