Khutbah Jumat: Istiqomah Sholat Berjamaah

ALBA News | Kamis, 18 Juli 2019. Berikut ini petikan naskah khutbah jumat untuk edisi Jumat Kliwon. Naskah diterbitkan atas kerjasama Devisi Media Majelis As Salam Pacitan dan TPA ALBA Sirnoboyo dalam rangkaian Program “Nderek Ustadz Erwin Tindak Haji”.

Naskah lengkapnya dapat diunduh -pada tautan berikut: Khutbah Jumat 2019_Istiqomah Sholat Berjamaah

Berikut ini cuplikan naskahnya:

Jamaah Jumat rohimakumullah

Hingga Jumat Kliwon ini, sudah genap dua belas hari, jamaah haji dari Kabupaten Pacitan berada di tanah suci. Oleh karena mereka masuk ke dalam Gelombang 1, maka, Madinah menjadi kota pertama yang dikunjungi.

Para jamaah haji itu, tidak sekedar berkunjung, tetapi ada rangkaian ibadah yang mereka kerjakan. Ibadah tersebut bernama sholat Arbain.

Nama arbain bukan berasal dari nama salah satu jenis sholat. Sebagaimana sholat Dhuha, Sholat Witir, atau Sholat tahajud.

Kata arbain diambil dari kata أربعين yang artinya empat puluh. Para jamaah haji dituntut untuk mengatur waktu. Hingga mampu menjalani sholat lima waktu secara berjamaah. Selama 40 waktu.

Sholat Arbain bukanlah menjadi bagian dari rukun haji. Bukan pula wajib haji. Namun, arbain dijadikan sebagai sebuah momentum. Agar para jamaah haji, lebih memahami syariah. Mampu meluruskan akidah. Dan mampu membina akhlakul karimah.

Delapan hari lamanya, jamaah haji Pacitan tinggal di Madinah. Yakni, dari mulai tanggal 9 hingga 16 Juli 2019. Selama itu pula, mereka harus mampu mengistiqomahkan sholat berjamaah. Di Masjid Nabawi.

Inilah inti dari Sholat Arbain. Jamaah haji harus mampu mengelola waktu dengan baik. Agar tidak tertinggal takbiratul ihram bersama imam.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Masjid Nabawi adalah masjid yang dibangun dengan landasan ketakwaan. Akan dilipatgandakan pahala kepada siapa saja yang shalat di dalamnya.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad Saw. bersabda:

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ

“Satu kali shalat di masjidku ini lebih baik dari seribu shalat di masjid selainnya, kecuali Masjidil Haram.” (HR Bukhori Muslim).

Masjid Nabawi merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram. Pada awal dibangunnya, masjid ini masih sederhana. Tanpa atap dan beralas tanah. Panjangnya hanya 35 m. Lebarnya 30 m. Kita akan sulit membayangkan keadaannya, apabila melihat bangunannya yang megah seperti saat ini.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Ada hikmah dari ibadah arbain ini, yang bisa dipetik oleh para jamaah haji, dan oleh kita yang berada di masjid ini,. Yakni: mengelola waktu, dan melatih diri agar tetap istiqomah, menjalani sholat wajib lima waktu secara berjamaah.

Shalat berjamaah memiliki manfaat yang sangat besar, diantaranya:

Pertama, Allah melipatgandakan pahala sholat berjama’ah hingga dua puluh tujuh derajat.

Rasulullah Saw. bersabda:

صَلَاةُ  الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Shalat berjamaah lebih utama dari shalat sendiri dengan selisih 27 derajat.” (HR. Bukhari & Muslim)

Kedua, sholat berjamaah mampu menjauhkan diri dari sifat munafik. Salah satu sifat yang dimiliki orang munafik adalah bermalas-malasan dalam sholat. Keberadaan sholat berjamaah, melatih orang agar tidak memiliki sifat malas ini.

Allah Swt. berfirman dalam Surat An Nisa ayat 142:

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَىٰ يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah. Dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan sholat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.

Ketiga, sholat berjamaah menjadi sebab diampuni dosanya oleh Allah. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah:

إِذَا قال اْلإِمَامُ (غَيْرِ اْلمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضّآلّين) فَقُوْلوُا : آمين, فَإِنَّهُ مِنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلُ اْلمَلاَئِكَةِ غَفِرَ لَهُ ماَتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Jika imam mengucapkan “Ghoiril maghdhubi ‘alaihim waladhdholliin”, maka ucapkanlah: amin, karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari Muslim)

Keempat, sholat berjamaah akan melatih diri untuk disiplin dan berakhlak mulia. Seorang makmun harus mengikuti gerakan imam. Dia tidak boleh mendahului gerakan imam. Hal ini tentu membiasakan melatih kedisiplinan dalam kehidupan. Menghilangkan ego, perbedaan, dan penuh kerendahan hati untuk patuh dan taat pada pimpinan.

Kelima, sholat berjamaah mampu menumbukan persaudaraan, kasih sayang, dan persamaan. Tidak ada perbedaan antara yang kaya dan miskin. Atau antara atasan dan bawahan. Semua berdiri, ruku’, sujud, dan duduk, dalam satu barisan yang sama.

Allah Swt. Berfirman dalam Surat As Shaaf 4:

اِنَّ اللهَ يُجِبُّ الَّذِيْنَ يُقَا تِلُونَ فِى سَبِيْلِهِ صَفًّا كَأَ نَّهُمْ بُنْيَانٌ مَرْصُوصٌ

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya, dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti bangunan yang sangat kokoh.

Jamaah Jumat rohimakumullah

Di akhir khutbah ini, mari kita doakan semoga jamaah haji Pacitan diberikan kesehatan dan kekuatan. Hingga mampu menjalani rangkaian ibadah haji dengan baik.

Dan, kita yang hadir di masjid ini, diberikan kemudahan untuk istiqomah dalam menjalankan sholat berjamaah. Dan disegerakan oleh Allah untuk bisa menunaikan ibadah haji di tanah suci. Bisa merasakan pula, sholat arbain di Masjid Nabawi.

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s