Drama Nasi Goreng Babak Ke-2

ALBA News | Rabu, 15 Mei 2019. “Lha lak tenan to?”, kata salah satu santri. Saya bingung. Apanya yang ‘tenan’? Tanya saya dalam hati.

Rupanya, menu buka sudah menjadi ajang tebak-tebakan diantara mereka. Santri Taman Pendidikan Al Quran Mushola Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur itu.

Mereka ini unik-unik. Daftar pemberi ta’jil ia hafalkan, Jadwal di hari ini, turam, tubin, sudah mereka catat. Mereka ingat-ingat. Mereka prediksi.

Kasak-kusuk prihal menu itu, sudah semenjak awal doa pembuka. Ba’da Ashar. Saya baru menyadari setelah mengetahui dugaan mereka benar.

Buka puasa santri ALBA sore itu (14/05/2019), mengulang drama di tanggal 1 Juni 2018. Satu tahun yang lalu. Tanggal ramadhannnya kebetulan sama. Sembilan Ramadhan. Yang membuat santri pada heboh. Girang tak karuan.

Baca juga: Buka Bersama dan Drama Nasi Goreng

Aktor utamanya masih sama. Ibu NT. Resep nasi gorengnya berhasil mengacak-acak konsentrasi mereka. Yang harusnya ke guru ngajinya. Beralih fokus ke nasi goreng.

Seperti tak sabar lagi mereka membukanya. Berupaya mencuri-curi start. Meninggalkan aba-aba makan bersama melalui doa buka puasa. Tak tahan dengan bayangan rasa nyamiiii-nya.

Meski belum membuka, mereka tahu jika yang dihadapannya itu tidak pedes. Dari dulu, resep ibu NT tidak berubah. Rasanya sama. Enak. Gurih. Tidak pedes. Porsinya pas bagi ukuran perut mereka.

Nasi goreng ibu NT ini juga tidak membingungkan pandangan. Dari luar merah, diaduk-adukpun tetaplah merah. Tidak seperti semangka. Nampak hijau dari luar, tetapi merah di dalamnya.

Nasi goreng ini sebenarnya makanan yang sederhana. Tidak butuh lauk yang aneh-aneh. Hanya beberapa bulir nasi. Lalu dibumbui. Terus digoreng. Warnanya berubah merah. Gitu saja. Tapi mengapa santri ALBA suka?

Inilah hikmahnya. Sesuatu yang sederhana, lebih banyak disuka. Tidak perlu yang berkelas tinggi, yang pada akhirnya sulit untuk memenuhi.

Ibu NT tahu betul. Untuk membikin santri ALBA girang. Tak perlu dengan yang wah wah. Cukup dengan nasi goreng. Buyarlah kejenuhan diantara mereka. Dan selesailah episode drama sore itu. Drama nasi goreng.

Bagaimana dengan Drama Nasi Goreng Babak ke-3? Tunggu di Ramadhan ke-9. Tahun 2020 yang akan datang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s