TPA ALBA “Berguru” ke Pusat Bahasa STKIP Pacitan

ALBA News | Rabu, 3 April 2019. Sadar akan potensi, TPA ALBA menjalin kerja sama dengan Pusat Bahasa STKIP PGRI Pacitan. Kerja sama ini bertujuan untuk menutup celah potensi yang tidak dimiliki oleh Taman Pendidikan Al Quran Mushola Al Barokah (TPA ALBA) Sirnoboyo  Pacitan Jawa Timur.

Potensi ini berkaitan dengan menghadirkan pembelajaran bahasa Inggris yang ramah dengan anak. Hal ini dilakukan agar implementasi misi ke-6 TPA ALBA bisa sedikit demi sedikit terwujud. Yakni hendak “menanamkan dasar-dasar kecakapan hidup (life skill) kepada santri secara baik dan benar”.

Meski bukan keseluruhan, santri TPA ALBA masih menganggap pembelajaran Bahasa Inggris itu sulit. Oleh karena inilah, TPA ALBA ‘merguru’ ke Pusat Bahasa STKIP Pacitan. TPA ALBA hendak membekali santrinya agar pembelajaran Bahasa Inggris tidaklah sulit yang mereka bayangkan.

Rabu, 3 April 2019 adalah kegiatan permulaannya. Dengan tajuk “Remembering My Prophet’s Journey Through Fun English Activities”, tim yang terdiri dari dosen STKIP Pacitan ini mengenalkan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan. Hasilnya, santri TPA ALBA merasakan. Tidak terasa belajar, meski sebenarnya mereka sedang belajar.

Sebagai kampus yang memiliki program studi Pendidikan Bahasa Inggris, sudah barang tentu memiliki formula untuk mengatasi hal-hal semacam ini. Kurikulum bahasa yang tertata dengan baik akan melahirkan sivitas akademika yang baik pula. Yang ahli di teori. Dan mahir di praktik.

Lembaga nonformal semacam TPA ALBA ini memang selalu butuh sentuhan lembaga formal. Agar mereka tidak terus-terusan menjadi second class. Ikut juga merasakan iklim pendidikan formal. Yang selalu mencatat apa yang akan dikerjakan. Mengerjakan apa yang sudah menjadi catatan. Dan mencatat apa yang sudah dikerjakan.

Lembaga formal juga demikian. Sesekali perlu merasakan iklim pendidikan nonformal. Agar semakin memahami arti sebuah ke-formal-an.

Inilah sinergi. Simbiosis mutualisme.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s