Joglo Galery

ALBA News | Sabtu, 16 Maret 2019. Bangunan ini sepertinya belum lama berdiri. Letaknya terhimpit. Diantara sela-sela bangunan masjid dan ruang kelas.

Keberadaannya menyuguhkan kesan tradisional. Memangkas dominasi bangunan tembok. Di SMPIT Ar Rahmah.

Bahan utamanya kayu. Modelnya klasik. Semakin menguatkan bahwa sekolah ini tak abai dengan budaya. Think globally act locally.

Namanya: Ar Rahmah Joglo Galery. Empat pilar utama berada di tengah. Dua belas pilar tambahan. Menyatu pada tembok seperempat badan. Mengelilingi batas tepi. Genting warna hijau. Menambah kesan natural bangunan ini.

Kala masuk joglo ini. Kesan formal langsung hilang. Sudah mirip suasana di cafe. Tempat hangout para muda dan mudi.

Di dalamnya berjajar piala-piala. Hasil prestasi siswa. Tergantung pula beberapa medali. Buah dari prosesi pengalungan. Di atas podium kejuaraan.

Pun ada hasil kreasi siswa. Buah tangan. Berbahan barang-barang bekas. Sebagai bentuk edukasi. Bahwa yang bekas, tetap bisa tampil berkelas.

Besar sekali pahala orang yang menghibahkan joglo ini. Hamba Allah yang tidak mau dipublikasikan namanya. Jariyahnya akan terus mengalir. Bersamaan dengan mengalirnya ide-ide siswa. Yang ‘kongkow’ di bawah atapnya.

Tempat ini memang bukan hanya untuk ajang pamer prestasi. Didesain pula sebagai tempat menumbuhkan ide. Wadah kreatifitas. Juga bertukar ide.

Sentuhan dingin kepala sekolahnya. Terlihat dalam penataan pernak-pernik di dalamnya. Perempuan memang jagonya mengatur yang detail detail. Lilik Nur Hamidah paham betul pola ini. Dibalutnya joglo ini dengan begitu teliti. Sangat rapi.

Joglo ukuran sekitar 8×8 ini memang istimewa. All in one. Satu tempat. Seribu fungsi. Tempat menyalurkan energi positifnya siswa.

Tapi mengapa rumah klasik ini disebut joglo? Bukannya ini limasan?

Apalah artinya sebuah merek. Toh juga ada sanyo yang merknya Shimizu. Ada aqua mereknya Club. Ada tape ex mereknya Kenko.

Kali ini, limasan mereknya Joglo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s