Tampung Kreatifitas Santri, TPA ALBA Wujudkan Papan Mading

Penampakan papan mading di sisi serambi sebelah timur

ALBA News | Ahad, 27 Januari 2019. Adakalanya hasil kreatifitas santri peru dipampang di sebuah tempat terbuka. Bisa dilihat oleh orang lain. Lalu, muncul kebanggaan.

Baru-baru ini, Taman Pendidikan Al Quran Mushola Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur, menyediakan papan untuk menampung majalah dinding (mading). Papan ini terbingkai kaca. Jumlahnya dua buah. Satu di serambi depan. Satu lagi diserambi timur.

Oleh karena tempatnya di serambi Mushola Al Barokah, maka bingkai kaca menjadi sangat efektif. Hempasan angin yang merontokkan isi mading tidak lagi menjadi kendala. Sebagaimana mading-mading yang sudah lalu. Angin laut nyatanya masih terasa sangat kencang meski sudah berjarak tiga kilo meter dari bibir pantai.

Mading ini nantinya akan diisi hasil kreasi santri. Kreasi-kreasi yang berhubungan dengan dunia kertas dan alat tulis. Mading ini juga untuk mewadahi hasil realisasi misi keenam TPA ALBA. Yakni: menanamkan dasar-dasar kecakapan hidup (life skill) kepada santri secara baik dan benar.

Baca juga: Visi dan Misi TPA ALBA

Anggaran pengadaan papan mading ini berasal dari infak recehan santri. Memang, TPA ALBA menyediakan kotak untuk menampung recehan itu. Hasil infak ini digunakan untuk melengkapi keperluan mengaji mereka. Juga untuk kebutuhan penunjang kegiatan-kegiatan TPA.

Rumah Zakat-lah yang mencukupi kekurangannya. Sebuah lembaga swadaya masyarakat yang mendedikasikan dirinya untuk mengelola zakat, infak, dan dana-dana umat. Melalui Relawan Inspirasi-nya, akhirnya mimpi santri TPA ALBA untuk memiliki papan mading yang lebih baik, enak dipandang, dan aman dari angin, akhirnya terwujud.

“Inilah yang kami harapkan, integritas antara TPA ALBA dengan Rumah Zakat telah terjadi. Santri merasa memiliki, karena memang ini perwujudan dari infak recehan mereka. Sementara kami, Rumah Zakat, mencukupi kekurangannya dari skim program yang sudah kami rencanakan sebelumnya”, jelas Indar Siswoyo, relawan inspirasi Rumah Zakat sesaat setelah kegiatan serah terima.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s