Makna Dibalik Warna Cat Tempat Wudhu Syar’i dan Toilet Sehat Mushola ALBA

ALBA News | Kamis, 24 Januari 2019. Beragam pertanyaan muncul dari para jamaah  Mushola Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur. Pertanyaan seputar warna cat. Mengapa coklat. Mengapa orange. Mengapa hijau. Mengapa putih.

Pemilihan warna ini bukanlah tanpa alasan. Ada makna yang tersembunyi di balik ragam warna itu. 

Warna hijau dipilih untuk ruang dalam. Masuk ke dalam ruangan yang ukurannya lebih sempit, akan mempengaruhi kondisi alam berfikir manusia. Warna hijau diharapkan dapat meminimalisir itu. Mata yang melihat akan digiring ke arah nuansa kesegaran, Kecenderungannya, manusia akan memiliki kedamaian saat menatap warna hijau. Hingga ia lupa bahwa dirinya berada dalam dimensi yang sempit.

Warna putih disematkan pada plafon dan langit-langit. Pemilihan warna putih dimaksudkan bahwa ada kesucian di atas sana. Ini sekaligus menggambarkan hubungan vertikal manusia dengan Tuhannya, Allah Swt. Tempat wudhu ini tidak hanya sekedar untuk membersihkan badan saja. Tapi, sebagai sarana awal untuk berkomunikasi dengan-Nya. Karena wudhu menjadi salah satu syarat sahnya sholat.

Warna coklat muda dipilih sebagai warna luar. Harapannya, warna ini, memberikan kesan akrab. Rasa aman akan muncul di hati para jamaah jika di depan matanya ada warna ini. Pun bagi santri Taman Pendidikan Al Quran Mushola Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur. Warna ini membuatnya lebih percaya diri. Tidak boleh lagi ada yang merasa takut untuk masuk ke dalam toilet. Warna ini memberikan kesan rasa aman bagi para santri.

Warna orange dipilih sebagai ornamen di tempat wudhu syar’i dan toilet sehat ini. Meski bukan menjadi warna dominan, tapi warna orange ini sangat mencolok. Ia mampu memberikan kesan keceriaan, kehangatan, dan kenyamanan para penggunanya.

Warna orange ini juga dipilih karena terispirasi Rumah Zakat. Sebuah lembaga swadaya masyarakat yang mengelola dana-dana umat. Orange adalah warna yang selalu melekat pada lembaga itu. Karena inilah, alasan kedua mengapa ada warna itu di bangunan toilet sehat dan tempat wudhu syar’i Mushola Al Barokah.

Ternyata dibalik pemilihan warna, ada sejuta makna. Semoga penjelasan ini bisa mencerahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s