Ajari Santri Menulis Arab, TPA ALBA Gunakan Metode Kitabaty

Santri Kelas Kitabaty 1 sedang berpose di depan Mushola Al Barokah

ALBA News | Kamis, 17 Januari 2019. Menulis arab menjadi materi wajib di Taman Pendidikan Al Quran Mushola Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur.  TPA ALBA menggunakan metode Kitabati untuk membelajari santrinya menulis arab. Lima puluhan santri TPA ALBA nampak tidak kesulitan menerapkan metode ini.

Kitabaty merupakan sebuah metode pembelajaran menulis arab yang diterbitkan oleh Pesantren Nurul Falah Surabaya. Ada empat level dalam metode ini.

Level 1 dinamai dengan Kitabaty 1. Pada level ini, pembelajaran memfokuskan pada huruf hijaiyah yang tunggal. Di akhir Kitabaty 1, santri mulai dikenalkan dengan huruf gandeng yang sederhana. Hanya satu kata. Ada garis bantu yang membentuk huruf hijaiyah. Garis bantu inilah yang memudahkan santri untuk belajar menulis.

Level 2 dinamai dengan Kitabaty 2. Ini merupakan lanjutan dari Kitabati 1. Fokus pembelajarannya pada huruf gandeng. Santri menulis kata yang terdiri dari tiga hingga empat huruf.

Level 3 dinamai dengan Kitabaty 3. Pada level ini, pembelajaran menulis sudah memasuki menulis satu kalimat. Tidak hanya satu kata sebagaimana level sebelumnya. Dari menulis satu kata hingga empat kata.

Level 4 dinamai dengan Kitabaty 4. Ini merupakan level yang tertinggi. Santri dituntut bisa menulis dalam satu rangkaian kalimat yang terdiri dari banyak kata.

Kitabaty menggunakan Khoth Naskhi dalam teksnya. Ini semakin memudahkan santri mengenal dan menulis huruf arab. Sebuah huruf yang menjadi teks dalam Al Quran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s