TPA Al Barokah Gandeng Rumah Zakat untuk Mewujudkan ‘Kampoeng ALBA’

WhatsApp Image 2018-07-21 at 21.01.45ALBA News | Selasa, 31 Juli 2018. Pagi masih terasa dingin. Gelap. Belum nampak terang matahari menyinari. Tapi kami sudah bertemu. Bertemu di serambi Mushola Al Barokah Sirnoboyo. Saling bertukar pikiran. Sebelum adzan Subuh tiba.

Adalah Indar Siswoyo. Seorang relawan Inspirasi Rumah Zakat. Ia adalah salah satu pejuang subuh di lingkungan kami. Lingkungan Winongan Dusun Suruhan Desa Sirnoboyo Pacitan.

Panjang lebar kami berdiskusi. Tentang kondisi yamg telah terjadi. Tentang kondisi yang sedang terjadi. Tentang pula kondisi yang belum terjadi. Di sini, di Kampung ALBA.

Dua menit menjelang adzan subuh, menjadi puncak obrolan ini. Puncaknya, kami seide. Kami para pengelola  Taman Pendidikan Al Quran Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo ini punya mimpi untuk menjadikan TPA ini sebagai pusat edukasi anak. Tidak hanya anak,  remajanya juga. Orang tuanya juga. Sistem masyaratnya juga. Terbungkus menjadi sebuah kampung yang berlandaskan Quran dan Sunnah.

”Akhir November 2018 lalu, kami sudah diperingatkan oleh Allah dengan banjir yang besar. Tiga meteran tingginya. Mau apa lagi? Jalan satu-satunya, ikhtiar untuk berubah. Ya seperti ini usahanya. Mewujudkan Kampoeng ALBA”, jelas Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA ALBA.

Bermula dari sebuah tempat belajar membaca Al Quran dengan nama TPA Al Barokah, dalam perkembangannya menjadi sebuah kampung imajiner. Tidak tercatat dalam adminstrasi negara. Kampoeng ALBA namanya.

Istilah kampung ALBA ini lahir dari sebuah nama mushola. Sebuah tempat yang setiap hari gunakan untuk sholat, mengkaji, berkumpul, atau sekedar bermain para anak-anak. Mushola ini juga menjadi tempat mengaji para santri TPA ALBA. Namanya Mushola Al Barokah. Dari nama itu, kemudian diambil kata depannya, ALBA(rokah)

Kampoeng ALBA adalah sebutan untuk wilayah di lingkungan Mushola Al Barokah Sirnoboyo. Kampoeng ALBA tidak terbatas pada zonasi RT, RW ataupun desa. Siapapun warga yang ikut terlibat dalam kegiatan yang dilakukan oleh Takmir Mushola ataupun pengelola TPA, maka mereka akan masuk menjadi warga Kampoeng ALBA. Semoga …!

 

3 tanggapan untuk “TPA Al Barokah Gandeng Rumah Zakat untuk Mewujudkan ‘Kampoeng ALBA’”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s