Pecah Rekor di Kampung ALBA, Jumlah Jamaah Subuh Serasa Tarawih

ALBA News | Sabtu, 28 Juli 2018. Akhirnya rekorpun terpecahkan. Setelah kehilangan sebagian besar jamaah subuh pasca sepeninggal bulan Ramadhan, Sabtu tanggal 28 Juli 2018 jamaah subuh yang hilang di Mushola Al Barokah itu akhirnya kembali. Mushola yang setiap hari digunakan para santri  Taman Pendidikan Al Quran Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo mengaji ini kembali penuh. Berderet hingga serambi. Tentu, peristiwa ini terasa haru. Bikin baper kalau istilah anak-anak jaman ‘now’.

“Alhamdulillah, ini mengejutkan. Jumlah jamaah Subuh bisa sebanyak ini. Mengingatkan saya di bulan Ramadhan”, terang Puryana, ketua Takmir Mushola Al Barokah Winongan Sirnoboyo Pacitan.

Baca juga: Subuh Bukan Hanya Milik Para yang Sepuh

Sejumlah 85-an jamaah berderet memenuhi mushola. Juga serambi sisi timurnya. Dengan diimami oleh Bapak Imam Suparni, sholat jamaah ini berjalan dengan khusuk. Hawa dingin tak menjadi halangan para pejuang subuh ini menunaikan kewajibannya.

Peristiwa pecahnya rekor jamaah subuh ini bersamaan dengan datangnya gerhana bulan.  Saat gerhana inilah, para warga di lingkungan Mushola Al Barokah berkumpul untuk menunaikan sholat gerhana.

Dikutip dari hitungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), siklus gerhana bulan malam itu adalah sebagai berikut: 1) Awal gerhana bulan Penumbra pukul 00:14:49 WIB; 2) Awal gerhana bulan Sebagian pukul 01:24:27 WIB; 3) Awal gerhana bulan Total pukul 02:30:15 WIB; 4) Pertengahan gerhana bulan Total pukul 03:22:54 WIB; 5) Akhir gerhana bulan Total pukul 04:13:12 WIB; 6) Akhir gerhana bulan Sebagian pukul 05:19:00 WIB; 7) Akhir gerhana bulan Penumbra pukul 06:28:37 WIB.

Baca juga: Subuh Berjamaah, Salah Satu Hikmah Gerhana Bulan Total

Gerhana ini menjadi yang paling lama di abad 21. Gerhana yang sejenis berikutnya baru bisa disaksikan di Indonesia yaitu pada 2141. “Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 merupakan peristiwa langka, BMKG akan melakukan pengamatan tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly lewat keterangan tertulis Jumat, 20 Juli 2018 (sumber: Tempo.co).

Sholat gerhana bulan di Mushola Al Barokah dilakukan secara berjamaah. Rangkaian kegiatan ini dimulai pada pukul 03.30 WIB. Ketua takmir Mushola membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya, ia mengucapkan terima kasih atas kedatangan para jamaah. Ia juga mengungkapkan rasa bangganya karena kesadaran akan sholat gerhana sudah mulai tumbuh di kalangan para jamaah.

Lima menit kemudian, dilanjutkan dengan penjelasan tata cara sholat gerhana oleh imam sholat, Kyai Imam Suparni. Setelah sholat usai dilaksanakan, tampil sebagai khotib adalah Bapak Indar Siswoyo. Tepat sepuluh menit menjelang adzan subuh, rangkaian sholat gerhana terlah usai. Hal inilah yang menjadikan alasan utama pecahnya rekor jumlah jamaah subuh di Mushola Al Barokah. Semoga gerhana bulan ini menjadi momen kembalinya jamaah subuh yang telah hilang.

Baca juga: Gowes ,,,. Kado untuk Para Pendekar Subuh

 

 

Satu komentar pada “Pecah Rekor di Kampung ALBA, Jumlah Jamaah Subuh Serasa Tarawih”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s