TPA ALBA Salurkan 42 Paket Subsidi Ramadhan 1439 H

ALBA News | Senin, 6 Juni 2016, Panitia Zakat, Infak dan Shodaqoh  Taman Pendidikan Al Quran Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo menyalurkan 42 (empat puluh dua) paket subsidi ramadhan dari para wali santri dan jamaah di lingkungan Mushola Al Barokah. Paket ini berasal dari zakat, infak dan shodaqoh. Para penerima manfaat dari paket zakat mal ini terdiri dari para fakir, miskin, dan anak yatim/piatu di lingkungan Mushola Al Barokah.

“Selama bulan ramadhan, kami menyalurkan sejumlah 42 paket kepada para penerima yang berhak”, jelas Nurhidayat, ketua pengelola zakat infak dan shodaqoh TPA ALBA.

Ia menambahkan, Pada interval bulan April hingga Mei 2018, besaran zakat mal yang dikumpulkan oleh panitia zakat TPA ALBA mencapai Rp4.200.000,-. Jumlah uang itu berasal dari wali santri TPA ALBA, jamaah mushola, alumni TPA ALBA, hingga keluarga wali santri/jamaah yang tinggal di luar kota. Keseluruhan dana itu telah terbagikan seluruhnya kepada para yang berhak.

Nur Hidayat menambahkan, pemilihan para penerima manfaat dari program ini menggunakan teknik skala prioritas yang diambil dari delapan kategori para penerima zakat ditambah dengan anak yatim/piatu yang disepakati oleh para amil zakat di TPA ALBA.

“Ini amanah bagi kami, yang harus segera kami salurkan kepada mereka yang berhak dan yang membutuhkan”, tambahnya.

Sebagaimana diketahui, para penerima zakat terbagi menjadi delapan jenis yakni fakir, miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, gharim, fisabilillah, dan ibnu sabil. Pembagian ini didasarkan dari QS. At-Taubah:60. ”Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, Para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s