IUs#13. Ustadzah Tami: Manfaatkan Waktumu dengan Baik!

Ustadzah Tami berfoto bersama pengajar dan santri TPA ALBA

Warta ALBA | Kamis, 17 Mei 2018. Waktu laksana pedang. itulah pepatah yang biasa dikenal oleh masyarakat kita. Jika diantara kita tidak mampu menggunakan pedang, maka pedang tersebut akan menebas diri kita sendiri. Artinya, jika waktu tidak dimanfaatkan secara baik, maka waktu itu bisa menebas kita.

Tema inilah yang disampaikan oleh Ibu Utami dalam gelaran program Ibuku Ustadzahku (IUs) edisi ke-13. Program ini diselenggarakan oleh Taman Pendidikan Al Quran Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur.  Program ibuku Ustadzahku bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada wali santri untuk merasakan menjadi ustadzah TPA ALBA.

“Kami berharap program ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan Ustadz dan ustadzah TPA ALBA dengan para wali santri”, jelas Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA ALBA.

Ibu dengan nama lengkap Sri Utami ini merupakan ibu dari Anisa Ayu Hapsari. Dalam kesempatan ini, Ibu Utami menjelaskan tentang pentingnya memanfaatkan waktu dengan baik. Pesan ini disampaikan kepada sekitar 40-an santri yang duduk melingkar mengelilinginya.

“Anak-anak harus memanfaatkan waktu dengan baik. Misalnya, berangkat mengaji tepat waktu. Sholat tepat waktu, dan sebagainya”, jelas Ustadzah Utami. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian hadiah kepada santri yang datang lebih dulu di TPA.

Pentingnya Memanfaatkan Waktu

Berkenaan dengan waktu, rasulullah telah bersabda bahwa terdapat salah satu di antara dua kenikmatan yang telah diberikan Allah kepada manusia. Kenikmatan ini salah satunya adalah waktu. Hal ini sebagaimana tersebut di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh mutafaqun alaih.

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Ada dua kenikmatan yang banyak dilupakan oleh manusia, yaitu nikmat sehat dan waktu luang”. (Muttafaqun ‘alaih)

Hendaknya kita sadar bahwa waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi manusia. Sangat disayangkan jika waktu tidaj dimanfaatkan secara baik. Nikmat waktu harus dimanfaatkan dengan  baik untuk meningkatkan ketaatan dan ketakwaan kepada Allah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s