Belajar Tilawati Bersama Kak Yahya, Santri Pesantren Baitussalam Prambanan

?

ALBA News | Kamis, 3 Mei 2018.  Taman Pendidikan Al Quran Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur . Belajar membaca Al Quran adalah salah satu tahapan untuk membuka ilmu yang tersimpan di dalam Al Quran. Hanya Al Quranlah satu-satunya jenis bacaan yang dalam membacanya membutuhkan kaidah dan tata cara tertentu. Ya, hanya membaca. Bahkan baru sampai taraf membaca saja, Allah telah menjanjikan pahala yang berlipat, Satu hurufnya diganjar dengan satu kebaikan. Kebaikan inipun dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan.

Hal ini didasarkan dari sabda Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud, yakni:

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ. ».

Artinya: “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Dalam rangka menjembatani santri untuk memperoleh 1 kebaikan yang dilipatkan menjadi 10 kebaikan inilah, Taman Pendidikan Al Quran Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur  menerapkan metode tilawati sebagai cara untuk belajar membaca Al Quran.

Ada hal yang beda pada hari Kamis, 3 Mei 2018. Jika di hari-hari biasanya, santri TPA ALBA belajar bersama ustadz dan ustadzahnya, kali ini mereka belajar dengan Kak Yahya. Yahya Amiq adalah santri dari Pesantren Baitussalam Prambanan Yogyakarta yang sedang mengabdikan ilmunya di TPA ALBA Sirnoboyo.

Baca juga: Santri Pesantren Baitussalam Prambanan Lakukan Abdimas di TPA ALBA

Sore itu, Kak Yahya mengajak para santri untuk belajar membaca Al Quran dengan metode tilawati. Ia terlebih dahulu mencontohkan cara membacanya dan dilanjutkan dengan membaca secara bersama-sama. Setelah membaca bersama-sama, santri yang posisi duduknya melingkar membentuk huruf “O” ini kemudian secara bergantian membaca. Satu persatu santri bergiliran membaca. Tentu dengan tetap didampingi oleh Kak Yahya. Dengan sabar Kak Yahya mengevaluasi bacaan santri.

“Kak Yahya ini kami manfaatkan potensinya untuk mengajar metode tilawati. Kami menerapkan metode ini untuk pembelajaran pra-Quran para santri. Kami membekali santri pengetahuan dasar mahorijul huruf, sifat huruf hingga pelafalan dengan irama rost”, jelas Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA ALBA.

Keutamaan Mengajar dan Belajar Al Quran

AL Quran adalah kitab suci umat Islam. Ia menjadi pedoman hidup bagi muslim untuk menjalani kehidupan di dunia. Agar mampu membaca Alquran dengan baik, maka setiap muslim harus belajar membacanya. Disaat ada orang yang hendak belajar, maka harus ada ada orang yang mengajar. Keduanya berjalan beriringan. Dan keduanya termasuk dalam perbuatan mulia dan mendapat penghargaan dari Allah dan Rasul-Nya.

Dalam hal ini Rasulullah Saw. bersabda:

عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ. رواه البخارى

Artinya: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”  (HR Bukhari diriwayatkan dari Usman bin Affan)

Dari hadis di atas, terlihat bahwa terdapat dua amalan yang dapat membuat seorang muslim menjadi yang terbaik di antara saudara-saudaranya sesama muslim lainnya. Mereka adalah orang yang mau  belajar Al Quran atau mengajarkan Al Quran.

 

Satu komentar pada “Belajar Tilawati Bersama Kak Yahya, Santri Pesantren Baitussalam Prambanan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s