Heboh! Market Day di TPA ALBA Sirnoboyo

ALBA News | Ahad, 22 April 2018. Kehobohan terjadi di  TPA Al Barokah (TPA ALBA) Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur. Kehebohan itu bersumber dari kegiatan Market Day yang diselenggarakan bersamaan dengan program Cooking Class. Diikuti sedikitnya 40 anak santri, kegiatan yang diselengarakan di serambi Mushola Al Barokah ini berjalan hingga adzan Magrib berkumandang. 

Dalam program Market Day ini, santri menjual hasil karya buatannya sendiri. Sup buah. Itulah karyanya. Mereka secara berkelompok menawarkan sub  buah. Setiap kelompok rata-rata membawa 7 gelas sup buah.

Sukma Ayu, salah satu santri TPA ALBA menjelaskan, “Sup buah ini isinya ada semangka, melon, jeruk, nanas, dan ada juga nata de coco”, jawabnya sembari membawa nampan berisi gelas-gelas sup buah. “Tidak mahal mas, ini dijual Rp2.000,- per gelas”, tambahnya.

Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA ALBA saat ditanya tentang alasan diselengarakannya Market Day, ia menjelaskan “Salah satu penopang kehidupan di muka bumi ini adalah perdagangan. Jika dahulu bekerja pada orang lain dianggap sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang, namun dengan berkembangnya zaman yang tidak berbatas, berwirausaha menjadi tren di masa depan. Berwirausaha dianggap lebih memiliki prospek untuk meraih kelonggaran waktu dan juga penghasilan”, jelasnya.

Ia menambahkan, sebagai upaya menjemput peluang itu, TPA ALBA menyelenggarakan Market Day. TPA ALBA ingin memberikan pengetahuan, kecakapan, serta pengalaman kepada santri untuk membuat, mengemas, hingga memasarkan hasil karyanya. Hingga pada suatu saat, mereka mampu mengambil hikmah dari setiap proses yang mereka kerjakan.

Terdapat 5 (lima) landasan diselengarakannya Market Day di TPA ALBA. Landasan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Surat An Nisa 4:29

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil, kecuali gengan jalan perdagangan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu”.

2. Hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal oleh Imam Al Baihaqi

إن أطيب الكسب كسب التجار الذي إذا حدثوا لم يكذبوا و إذا ائتمنوا لم يخونوا و إذا وعدوا لم يخلفوا و إذا اشتروا لم يذموا و إذا باعوا لم يطروا و إذا كان عليهم لم يمطلوا و إذا كان لهم لم يعسروا.

“Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak bohong, apabila diberi amanah tidak khianat, apabila berjanji tidak mengingkarinya, apabila membeli tidak mencela, apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), apabila berhutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi di dalam Syu’abul Iman, Bab Hifzhu Al-Lisan IV/221).

3. Visi TPA ALBA “Membentuk Generasi Muslim yang Fashih Membaca Al Quran, Mandiri, dan Berakhlak Al Quran”.

4. Misi TPA ALBA yang ke-6 yakni “Menanamkan dasar-dasar kecakapan hidup (life skill) kepada santri secara baik dan benar”.

5. Silabus materi tentang dasar-dasar kecakapan hidup (life skill)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s