Santri TPA ALBA Sirnoboyo Pelajari Jenis Air untuk Bersuci

ALBA News | Senin, 16 April 2018 merupakan awal dari minggu ke-3 di bulan April 2018. Sebagaimana kurikulum yang telah tersusun, pada minggu ketiga ini, santri  Taman Pendidikan Al Quran Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur mendapatkan materi ibadah. Materi ini diberikan setelah kegiatan mengaji Al Quran dilaksanakan. Ada sekitar 43 santri yang hadir di sore itu.

“Ya benar. Minggu ketiga  bulan April ini materi setelah mengaji adalah materi ibadah. Nah, pas di hari ini (16/04/2018-red) adalah materi Thaharah dengan sub pokok bahasan Air untuk Bersuci”, jelas Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA ALBA.

Baca:

Ada yang berbeda pada saat penyampaian materi air untuk bersuci, Adalah Kak Atik. Ia adalah salah satu mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sirnoboyo Pacitan. Kak Atik adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya.

Sebagai mahasiswa jurusan pendidikan, sudah bukan hal yang sulit lagi untuk berbicara di depan para santri. Pasalnya, di bangku kuliahnya sudah diajari bagaimana menguasai kelas. Ia juga belajar tentang strategi pembelajaran. Tak cukup disitu, ia pun belajar tentang psikologi perkembangan peserta didik. Dua hal ini menjadi modal baginya untuk menyampaikan materi.

Baca: TPA ALBA Lakukan Sinkronisasi Kegiatan Bersama Mahasiswa KKN Unesa

Atik menggunakan media gambar untuk menunjukkan jenis-jenis air kepada para santri. Pada setiap gambarnya, ia menjelaskan status air tersebut apakah bisa untuk bersuci atau tidak. Santri nampak antusias dengan penjelasannya.

“Kami sengaja membawa media gambar ini supaya lebih mudah memberikan visualisasi kepada para santri tentang jenis air-air ini”, ujar dara kelahiran Kediri ini.

Air untuk Bersuci

Air merupakan salah satu alat yang digunakan untuk bersuci selain debu/tanah. Bersuci menurut bahasa adalah bersih dan terlepasnya segala macam kotoran dari badan. Dalam fiqih, istilah bersuci kerap disebut dengan istilah thaharah. Thaharah adalah bersuci dari semua bentuk najis yang menempel pada pakaian, badan, dan tempat sholat, serta bersuci dan hadits dengan cara berwudhu, mandi, atau tayamum.

Air yang boleh digunakan untuk bersuci adalah air yang mutlak. Maksudnya, air yang masih dalam kondisi aslinya dan belum tercampur dengan zat yang mengakibatkan berubahnya sifat asli dari air tersebut. Misalnya, air sumur, air mata air, air lembah, air sungai, es yang mencair, dan air laut (meski rasanya asin). Kesemua jenis air ini dapat digunakan sebagai alat untuk bersuci.

Berkenaan dengan air untuk bersuci ini, Allah telah berfirman:

وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لِيُطَهِّرَكُمْ بِهِ

Dan diturunkan-Nya padamu hujan dari langit buat menyucikanmu.(Al-Anfal: 11)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s