Ngaji Bersama Kang Subi di KaRIB#4 TPA Al Barokah Sirnoboyo

ALBA News | Sabtu, 8 April 2018. Kajian Rutin Al Barokah (KaRIB) kembali digelar di Mushola Al Barokah Winongan Sirnoboyo. Sudah yang ke-4 kalinya kegiatan rutin ini diselenggarakan. Kegiatan yang diselenggarakan setiap malam Ahad Pon ini diselenggarakan oleh Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Barokah Winongan Suruhan Sirnoboyo Pacitan. 

Kang Subiyanto Munir berkesempatan hadir di KaRIB#4 ini. Sebagai seorang ustads, Subiyanto Munir memiliki cara yang unik untuk memberikan tausiyah kepada 160-an orang jamaah KaRIB#4. Totalitas dalam penyampaian ilmu tidak diragukan lagi. Dengan menggunakan metode tanya jawab dan praktik langsung, ustads yang akrab dipanggil dengan Kang Subi ini menjelaskan tentang hikmah Isra’ Mi’raj.

Baca juga:

“Hal yang tidak boleh kita lupakan adalah saat peristiwa Isra’ Mi’raj, ada perintah langsung dari Allah tentang sholat kepada Nabi Muhammad. Ini menandakan bahwa sholat sangat penting bagi kita”, jelasnya di depan para jamaah KaRIB#4.

Penjelasan hikmah Isra’ Mi’raj ia mulai dari tata cara wudhu dan tayamum yang benar. Dengan berpijak pada QS Al Maidah 5:6, Ustads yang menjadi salah satu pendiri SDIT Ar Rahmah ini mengajak para jamaah KaRIB#4 untuk berwudhu yang benar.

Ayat tersebut menjelaskan sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.

“Wudhu meniko syarat sahipun sholat. Dados menawi wudhu bapak ibu sedoyo sae, mongko sholat kito njih sae. Ananing umpami wudhu kita mboten sae, mongko sholat kito dados mboten sah. Monggo kita sami-sami nglampahi wudhu ingkang leres”, ajak Kang Subi.

Tidak selesai diurusan wudhu, Kang Subi melanjutkannya dengan mengajak jamaah KaRIB#4 untuk sholat yang benar. Fokus yang ia jelaskan adalah gerakan dan hikmah pada setiap gerakan itu. Ia tidak segan untuk mempraktikkan. Ia beranjak dari podium dan mempraktikkan rukuk dan sujud yang benar.

Baca juga: IUs#7 TPA Al Barokah, Ustadzah Sri Mulyani Jelaskan Hikmah Isra’ Mi’raj

“Setiap gerakan dalam sholat kita, ada manfaatnya bagi tubuh kita. Kita tidak gampang sakit jika gerakan sholat kita benar. Benar rukuknya. Sujudnya. i’tidalnya, dan sebagainya”, paparnya dengan menggebu.

Sebagai penutupnya, Kang Subi membagikan 8 (delapan) amplop. Amplop ini bukan berisi uang, namun amplop itu berisi satu kata. Ia meminta jamaah secara bergiliran untuk membacakan isi dalam amplop itu.

Ndredek mas, tak kiro diutus opo ngono karo Ustade, ternyata kita diminta untuk membacakan satu penggalan kata dalam bacaan saat duduk diantara dua sujud”, ungkap Puryana Ketua Takmir Mushola Al Barokah.

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ
Ya Allah, ampunilah dosaku, Belas kasihinilah aku dan cukuplah segala kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku,dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan padaku dan berilah ampunan kepadaku.
Ya, metode inilah yang digunakan Kang Subi untuk mengingatkan kembali bahwa di dalam sholat kita terlantun doa kepada Allah agar mengasihani kita, mencukupi kekurangan kita, mengampuni dosa, mengangkat derajat, memberi rizki, petunjuk, kesehatan, hingga ampunan. Kurang lebih satu jam setengah Kang Subi menjelaskan tentang hal itu.
“Inilah salah satu hikmah yang bisa kita ambil dalam peristiwa Isra’ Mi’raj yang dilakukan Nabi Muhammad Saw”, tutup Kang Subi.

 

Satu komentar pada “Ngaji Bersama Kang Subi di KaRIB#4 TPA Al Barokah Sirnoboyo”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s