Mabit #3 TPA Al Barokah, Santri Tak Sekedar Pindah Tidur

20180331_231252

ALBA News | 31 Maret 2018. Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Barokah Winongan Sirnoboyo Pacitan kembali gelar Mabit. Kali ini, pesertanya adalah santri putra. Sejumlah 16 santri putra TPA Al Barokah mengikuti kegiatan Mabit ini. Kegiatan yang diselenggarakan pada 31 Maret – 1 April 2018 ini mengambil tema ”Mabit, Ikhtiar Bentuk Habit” ini dilaksanakan di Mushola Al Barokah.

“Santri menginap satu malam di mushola. Tapi ini tidak hanya sekedar menginap. Kami isi dengan program yang sesuai dengan visi misi kami yakni ingin menjadikan santri yang bisa membaca dan berakhlak Quran”, jelas Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA Al Barokah.

Mabit #3 ini bertujuan untuk: 1) Memberikan dorongan psikologis santri untuk belajar mengaji. 2) Melatih kemandirian santri pada saat malam hari. 3) Mengenalkan mushola sebagai tempat ibadah yang nyaman. 4) Mengenalkan sholat qiyamul lail (tahajud dan witir) secara langsung. 5) Mengenalkan sholat subuh besarta sholat qobliyahnya secara berjamaah. 6) Santri dapat semakin termotivasi untuk mengaji. 7) Ikatan persaudaraan santri dengan teman-temannya menjadi semakin rekat.

Kegiatan mabit ini menuntut santri untuk mandiri. Pada kegiatan mabit ini, santri TPA Al Barokah diwajibkan untuk membawa perlengkapan sebagai berikut: 1) Perlengkapan untuk mengaji(Al Quran atau Iqro’, Kalam, Kartu prestasi). 2) Perlengkapan sholat (Sarung, peci). 3) Perlengkapan untuk tidur (kaos ganti untuk tidur, tikar/kasur kecil, bantal, selimut, krim anti nyamuk). 4) Perlengkapan gosok gigi menjelang dan bangun tidur (sikat dan pasta gigi). 5) Bekal makan malam. 6) Bekal makanan kecil. 7) Bekal minum (bukan minuman bersoda atau minuman yang berasa dari pabrik).

Berikut ini rincian kegiatan pada Mabit #3 ini: Rundown Mabit Putra #3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s