Luruskan ‘Shof’mu Wahai Para Tas!

2018-03-21 17.46.47

ALBA News | Rabu, 21 Maret 2018. Sebagai sebuah lembaga pendidikan bagi anak, Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Barokah Winongan Sirnoboyo memiliki kewajiban untuk membangun dan mengembangkan karakter anak. Pembentukan karakter yang baik, perlu disiapkan sejak dini.

Membentuk karakter bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Menata tas adalah salah satu bentuknya. Sebagai sarana penunjang kegiatan mengaji, tas perlu diperlakukan dengan baik. Perlu ditata dan diletakkan secara baik pula.

”Kami membiasakan anak untuk menata tas dengan baik. Tas itu kan isinya Al Quran, jadi perlu dijaga dengan baik”, papar Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA Al Barokah.

Santri TPA adalah sosok individu yang sedang berada dalam lingkup pembinaan. Pada masa inilah perlu ada rangsangan baik agar mereka mengalami perkembangan yang sangat fundamental dan pesat. Penanaman perilaku disiplin pada santri adalah suatu pengendalian diri terhadap perilaku sesuai dengan ketentuan
yang berlaku. Penanaman perilaku disiplin di TPA Al Barokah tersebut dapat berupa menata sandal, menata sepatu, menata sepeda, membuang sampah pada tempatnya, dan sebagainya.
sepatu pada rak sepatu, menyimpan tas pada loker masing-masing,

Baca juga: Menanamkan displin santri mulai dari sandal

“Ini ikhtiar kami, meski kami belum punya loker untuk meletakkan tas-tas mereka, paling tidak kami sudah berusaha untuk mengajak mereka untuk memperlakukan tas secara baik, tidak hanya sekedar dilepar atau ditumpuk saja”, tambah Afid.

Satu komentar pada “Luruskan ‘Shof’mu Wahai Para Tas!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s