Generasi Pendekar Subuh di TPA Al Barokah Sirnoboyo

20180315_045032

ALBA News | Kamis, 15 Maret 2018. Lima pendekar subuh. Tidak berlebihan nampaknya gelar itu disematkan kepada lima anak ini. Saat yang lain masih berbalut selimut, mereka sudah berada serambi mushola. Saat sebagian temannya masih enggan bersuara, mereka secara bergiliran sudah lantang menyuarakan adzannya. Memanggil para warga untuk bersama sholat subuh berjamaah. Dialah Dias (12 tahun), Kiki (11 tahun), Labib (9 tahun), Cahyo (7 tahun) dan Shofi (2 tahun). Lima anak inilah yang secara rutin meramaikan suasana subuh di Mushola Al Barokah Winongan Sirnoboyo Pacitan. Tak peduli hujan, dingin, gelap, mereka tetap datang di mushola.

“Awalnya mbangkong (malas bangun-red) mas, lama kelamaan akhirnya sudah terbiasa untuk bangun pagi”, ungkap M. Sholihin saat disinggung bagaimana cara membiasakan jamaah subuh di mushola.

Kelima anak ini hadir ke mushola tidak sendirian. Ia ditemani orang tuanya. Bersama orang tuanya, ia kemudian mengikuti sholat subuh secara berjamaah. Tak jarang, anak-anak ini sambil menunggu iqomah, mereka tertidur lagi di mushola.

“Saya berharap jumlah para pendekar cilik ini bisa nambah dari waktu ke waktu. Agar semakin kuat generasi tangguh yang islami di beberapa tahun yang akan datang”, harap Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA Al Barokah Sirnoboyo Pacitan.

Baca juga: Khutbah Jumat: Bahaya Ninggalake Jamaah Subuh lan Isyak

Tantangan Subuh Berjamaah

Subuh adalah salah satu waktu di antara beberapa waktu yang dikaruniakan Allah kepada makhluknya. Allah Swt memerintahkan umatnya untuk mengerjakan shalat kala itu. Hal ini dijelaskan Allah dalam Surat Al Isra’ ayat 78,

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).

Tidak sedikit kaum muslimin yang melalaikan sholat subuh berjamaah di masjid atau mushola. Mereka lebih memilih melanjutkan tidurnya. Seakan berat untuk melangkahkan kaki untuk sholat subuh berjamaah. Indikasi ini muncul saat jumlah jamaah subuh tidak sebanding dengan jamaah sholat magrib. Kala subuh lebih sedikit dibanding dengan kala magrib.

Hal ini sudah dipesankan oleh Nabi Muhammad beberapa abad yang lalu. Sholat subuh adalah salah satu sholat yang paling berat dilaksanakan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Keutamaan Subuh Berjamaah

Apabila seseorang mengerjakan shalat shubuh, niscaya ia akan dapati banyak keutamaan. Di antara keutamaannya adalah

Pertama, Salah satu penyebab masuk surga. Rasulullah Swt bersabda,

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

Kedua, Salah satu penghalang masuk neraka. Rasulullah Swt bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

Ketiga, Berada di dalam jaminan Allah. Rasulullah Swt bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

Keempat, Dihitung seperti shalat semalam penuh. Rasulullah Swt bersabda,

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

Kelima, Disaksikan para malaikat. Rasulullah Swt bersabda,

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

 “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

 

2 tanggapan untuk “Generasi Pendekar Subuh di TPA Al Barokah Sirnoboyo”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s