Menanamkan Disiplin Santri Mulai dari Sandal

20180309_174535

ALBA News | Jumat, 9 Maret 2018. Menanamkan disiplin kepada anak membutuhkan proses yang panjang dan bertahapan. Inilah yang menjadi landasan penerapan kebijakan ini. Kebijakan menata sandal merupakan kebijakan yang barunyang diterapkan di Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Barokah Winongan Sirnoboyo Pacitan.

Mulai hari Jumat, 9 Maret 2018, santri wajib untuk menata sandalnya masing-masing. ”Salah satu cara untuk meletakkan dasar disiplin bagi santri adalah dengan membuat aturan di TPA secara sederhana dan istiqomah”, papar Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA Al Barokah.

Aturan menata sandal ini tidak berimbas pada sangsi bagi yang tidak tepat menaruhnya. Santri akan merasa malu sendiri jika sandalnya tidak ditata sebagaimana teman-temannya. Santri yang melihat akan segera menatanya. Hal ini akan membuat malu santri yang sembarangan menaruh sandal. Kondisi inilah yang pada akhirnya membentuk budaya malu di kalangan para santri. ”Nampak remeh memang, tapi percayalah dari hal yang remeh ini, budaya disiplin dapat terbentuk secara baik”, tambah Afid.

2 tanggapan untuk “Menanamkan Disiplin Santri Mulai dari Sandal”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s