Ada Pelangi, Santri Mogok Ngaji Tilawati

ALBA News | Jumat, 16 Februari 2018. Sore itu, aktivitas mengaji di Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Barokah Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur berjalan sebagaimana biasanya. Santri sudah membentuk dua kelompok. Alat peraga sudah tersedia di setiap kelompok. Dan setiap kelompok ada satu ustadz/ah yang menjadi tentornya.

Hari Jumat adalah jadwal mereka untuk mengaji dengan menggunakan metode tilawati. Melanjutkan pembelajaran di hari Kamis kamrinnya.

Baca: Asyiknya Ber-“Tilawati” di TPA Al Barokah Sirnoboyo

Tepat pukul 17.42 WIB suasana berubah gadung ketika ada salah satu santri yang berteriak, ”Ono pelangi neng langit (Ada pelangi dilangit-red)”, teriak Aldi sambil tergopoh-gopoh. Teriakannya diulang beberapa kali hingga teman-temannya menengok ke dia. Ya, saat itu satu kelompok tilawati berada di serambi mushola. Jadi, untuk memandangi langit hanya butuh sekali tengokan saja.

Sontak seketika itu dua kelompok Tilawati bubar. Tidak hanya di luar mushola. Kelompok yang di dalam musholapun tidak berbeda. Seperti ada yang mengomando. Santri langsung berdiri dan berlari mendekati sumber suara. Buyar dan berhamburan ke halaman mushola. Dan mereka bersama sama menengadahkan mukanya ke langit.

Ngajipun bubar. Sore itu, tak ada doa kafaratul majelis yang dilafalkan secara bersama-sama sebagaimana hari-hari biasanya. Sore itu, tak adapula salam sebagai penutup. Semua tertutup ‘pelangi’. Sebuah peristiwa alam buatan Sang Pencipta. Dan santri menikmatinya sebagaimana ia menikmati makanan kesukaannya.

Adzan magrib berkumandang. Barulah mereka mau meninggalkan ‘pelanginya’.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s