TPA Al Barokah Sirnoboyo Luncurkan ‘Ibuku Ustadzahku’

ALBA News | Kamis, 15 Februari 2018, Taman Pendidikan Al Barokah (TPA) Al Barokah Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur, meluncurkan Program “Ibuku Ustadzahku”.  Program ini merupakan rangkaian usaha untuk mendidik anak dengan budi pekerti yang baik.

Mendidik anak perlu keterlibatan banyak pihak. Setidaknya, menurut Ki Hajar Dewantoro terdapat 3 (tiga) ruang yang terlibat dalam pendidikan anak. Ketiga ruang tersebut adalah orang tua, lembaga pendidikan, dan lingkungan. Untuk merangkul ketiga aspek tersebut, perlu ada sinergi yang baik antara ketiganya.

TPA Al Barokah Winongan Sirnoboyo sebagai salah satu lembaga pendidikan mempunyai peran ini. Hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya Program Ibu Ustadzahku. Dalam kegiatan ini, orang tua (ibu) berperan sebagai ustadzah selama ±40 menit. Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan oleh orang tua. Orang tua bisa, 1) bercerita, 2) membacakan buku cerita, 3) mendongeng, 4) berbagi pengalamannya waktu masih kecil, 5) memberi motivasi, 6) memberikan game edukatif, atau 7) memberikan tausiyah kepada para santri. Pendek kata, orang tua dapat memberikan materi apa saja dengan tetap dalam bingkai pendidikan anak islam dalam waktu yang telah ditentukan.

Afid Burhanuddin, ketua pengelola TPA Al Barokah menjelaskan, bagi para santri, program ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan motivasi santri untuk semakin giat mengaji; 2) Meningkatkan kesan kepada santri bahwa mereka tidak sendiri tetapi telah didukung oleh orang tuanya; 3) Memberikan suasana yang berbeda bagi santri dalam kegiatan pembelajaran; 4) Memberikan penyadaran bagi santri bahwa ibu adalah ustadzah yang sebenarnya.

Afid menambahkan, bagi para orang tua, program ini bertujuan untuk: 1) Memberikan pengalaman kepada orang tua untuk merasakan menjadi ustadzah TPA Al Barokah; 2) Mengetahui kondisi nyata pembelajaran santri di TPA Al Barokah; 3) Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut andil membesarkan TPA Al Barokah; 4) Memberikan penguatan bahwa ibu adalah ustadzah yang sebenarnya yang bertanggunjawab untuk memberikan pendidikan agama kepada anaknya masing-masing.

Sementara itu, bagi TPA Al Barokah, program ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan hubungan antara pengelola TPA dengan wali santri; 2) Pengelola mendapatkan masukan ide/materi dari para orang tua santri; 3) Pengelola menjadi semakin mudah untuk mewujudkan cita-cita untuk membangun lingkungan yang islami di lingkungan TPA Al Barokah.

Landasan dari kegiatan ini adalah:

  1. Surat Lukman ayat 14

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْناً عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Kami perintahkan pada manusia untuk berbuat baik pada ibu bapaknya. Bahwa ibunya telah mengandung dalam keadaan lemah dan menyapihnya dalam dua tahun. Maka bersyukurlah pada-Ku dan ibu bapakmu.

  1. Hadits Nabi Muhammad Saw.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Dari Abu Hurairah bahwa seorang datang kepada Rasulullah dan berkata: “Ya Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti yang utama?” Maka Nabi menjawab: “Ibumu” dan orang tersebut bertanya kembali, “Kemudian siapa lagi?” Nabi pun menjawab “Ibumu” dan orang itu bertanya kembali, “Kemudian siapa lagi?”, Nabi pun menjawab “Ibumu”, orang itu pun bertanya kembali dan Nabi menjawab, “Kemudian ayahmu”.

11 tanggapan untuk “TPA Al Barokah Sirnoboyo Luncurkan ‘Ibuku Ustadzahku’”

  1. Ping-balik: Afid Burhanuddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s