Lagi, Satu Ustadz TPA Al Barokah Winongan Lolos Standarisasi Pengajar Tilawati

IMG-20180121-WA0004

ALBA News | 21 Januari 2017. Satu lagi pengajar di Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Barokah Winongan Sirnoboyo Pacitan lulus dalam standarisasi pengajar Al Quran Metode Tilawati. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Yayasan Khoirul Ummah Pacitan. Dilaksanakan di lantai 2 Masjid Agung Darul Falah (MADF), pelatihan ini menghabiskan waktu selama 32 jam.

Pelatihan ini dilaksanakan secara maraton dan bertahap setiap hari Ahad. Dimulai dari tanggal 28 Mei 2017 hingga 20 Agustus 2017 kegiatan ini terlalui dengan baik. ”Dengan berbagai pertimbangan, kegiatan pelatihan ini kami adakan setiap Ahad dari pukul 09.00-11.45 WIB”, jelas Setyo Budi, manajer Yayasan Khoirul Ummah Pacitan.

Materi dalam pelatihan ini meliputi, 1) Pengantar Metode Tilawati; 2) Lagu Rost; 3) Makhorijul Huruf Jilid 1; 4) Tajwid Jilid 2; 5) Metode Tilawati, 6) Tajwid Jilid 3; 7) Tajwid Jilid 4; 8) Teknik Munaqosah; 9) Tajwid Jilid 5; 10) Tajwid Jilid 6; 11) Muskhilat dan Ghorib; serta 12) Munaqosah dan Micro Teaching.

Pada pelatihan Angkatan ke-23 ini, TPA Al Barokah Winongan mengirimkan satu orang pengajar yang bernama Afid Burhanuddin. Dan dari satu delegasi itu, telah dinyatakan lulus dengan nomor sertifikat 23.0553/0541/2017 sebagai pengajar Metode Tilawati dan direkomendasikan mengajar pada level Al Quran.

Dalam pelatihan Metode Tilawati, terdapat beberapa kriteria kelulusan, yakni direkomendasikan untuk mengajar Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, Jilid 4, Jilid 5, Jilid 6, dan yang tertinggi adalah rekmonedasi mengajar pada tingkat Al Quran.

Erwin Hadi Kusuma, direktur Yayasan Khoirul Ummah menjelaskan bahwa ”standarisasi ini ditujukan agar para pengajar Al Quran di TPA, TPQ, ataupun di Madin memiliki standar yang sama baik dari tajwid, makhorijul huruf hingga lagunya. Dengan pengajar yang terstandarkan, insyallah hasilnya juga akan standar juga”, jelasnya.

Satu komentar pada “Lagi, Satu Ustadz TPA Al Barokah Winongan Lolos Standarisasi Pengajar Tilawati”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s