Nilai-nilai Pendidikan dalam Ajaran Samin Surosentiko

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam ajaran Samin Surosentiko dan mengetahui relevansi ajaran Samin Surosentiko tersebut dengan Pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumbangan pemikiran dalam perkembangan wacana pendidikan Islam dan sebagai sumbangan informasi bagi siapa saja yang berusaha menelaah dan menekuni lebih dalam mengenai kebudayaan Jawa, khususnya ajaran Samin Surosentiko dan perkembangan yang dianut oleh masyarakat Samin.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan antropologi. Pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan instrumen analisis deduktif dan interpretatif. Hasil Penelitian, 1) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam ajaran Samin Surosentiko yakni pendidikan tentang semangat pembebasan; pendidikan tentang rasa kebersamaan, persaudaraan dan persamaan; pendidikan etos kerja; pendidikan lingkungan hidup; pendidikan akhlak atau budi pekerti. 2) Relevansi ajaran Samin Surosentiko dengan pendidikan Islam yakni terletak pada aspek tujuan, aspek metode, dan asepek materi.

Tujuau dari pendidikan Samin Surosentiko adalah untuk menjadikan manusia yang utama (atmaja tama). Adapun metode yang digunakannya adalah metode prihatin atau semedi, metode pembiasaan, metode tauladan, metode cerita, dan metode sangsi atau hukuman. Sedangkan materi pendidikan dalam ajaran Samin adalah materi akhlak, moral dan pengelolaan lingkungan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, ketiga aspek tersebut di atas tidak ada pertentangan secara signifikan dengan pendidikan Islam atau dengan kata lain terdapat relevansi antara pendidikan Samin Surosentiko dengan Pendidikan Islam.

Selengkapnya, dapat dilihat pada tautan berikut ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s