Pawai Santri TPA Al Barokah Menyambut Muharram 1439 H

 

Satu Muharram 1439 H adalah awal dimulainya kalender Hijaiyah. Sistem kalender yang menjadi ciri khas Islam. Perawalan tahun itu menjadi hari yang mengesankan bagi santri Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Barokah Sirnoboyo Pacitan. Bagaimana tidak, di hari itu, diadakan pawai menyambut 1 Muharram.

Bertepatan dengan hari Kamis, 21 September 2017, kegiatan pawai dilakukan dengan bersepeda. Ada hal yang unik di balik pawai itu. Santri membawa poster berkaitan dengan peringatan 1 Muharram. Semakin menambah kebanggan bahwa poster tersebut dibuat oleh santri sendiri.

Afid Burhanuddin, saat disinggung tentang tujuan dari kegiatan ini, ia menuturkan “Kami ingin memberikan pembelajaran kepada para santri bahwa Islam juga punya tahun sendiri. Tahun Hijriah namanya. Dengan demikian, santri menjadi tersadar dan membiasakan menggunakannya”.

Pawai dimulai dari halaman Mushola Al Barokah berlanjut mengelilingi Desa Sirnoboyo, Desa Kembang, dan berakhir di Lapangan Desa Arjowinangun Pacitan.

Rasendriya Quinsha Tiffatusyafani atau yang lebih diakrab dipanggil Safa, menuturkan, “Seneng kak, bisa sepeda rame-rame dengan temen-temen, bisa buat poster, juga bisa tahu kalau ada tahun baru Islam”, ungkapnya dengan ceria.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s