Rakatanggis

Sasaran                 : siswa SMA kelas x

Pokok bahasan    : metode  belajar ini disusun dengan tujuan melatih siswa berkonsentrasi,melatih pronunciation dan memperbanyak vocab dalam bahasa Inggis dan belajar aktif sehingga terciptanya suasana belajar yang aktif dan adanya timbal balik antara guru dan peserta didik .

Langkah – langkah :

  1. Guru menyiapkan materi pembelajaran inovatif  “ Rakatanggis”
  2. Guru memberikan intruksi agar siswa membentuk kelompok ,masing – masing kelompok terdiri 6 siswa dan terdapat 1 leader.
  3. Setelah terbentuk kelompok guru memberikan pengarahan cara mainnya kelompok bergilir maju kedepan berdasarkan undian.
  4. Leader mendapat kesempatan bermain pertama dan mengarahkan temannya untuk berbanjar dengan jarak 1 ubin dengan mengadap ke barat.
  5. Guru memberikan  satu soal rangkaian kata bahasa inggris (rakatanggis) kepada leader misalnya Rudi is singing a song  near window and wrong with Barong.
  6. Selanjutnya leader membisikan kepada pemain kedua dan pemain kedua membisikkan kepada pemain ketiga dan seterusnya sampai pemain terakhir.
  7. Pemain terakhir bertugas menyampaikan kepada guru Rakatanggis yang dapat ia tangkap.
  8. 8.Untuk mengukur keberhasilan metode belajar ini guru dapat memberikan nilai jika benar 1-3 kata diberi skor 1 , 4-7 kata diberi skor 3 dan 8-11 kata diberi skor 5.

_________

Peni Indarwati

STKIP Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s