Give and Love

Sasaran: Siswa SMP

Pokok bahasan: Give and Love adalah pokok bahasan yang artinya guru memberi sesuatu materi yang nantinya membuat siswa Love mencintai atau menyukai suatu pokok bahasan yang diberikan guru. Dalam teori ini tema yang ingin dicapai guru adalah menumbuhkan kecintaan murid SMP atau pengenalan pertama dan memberi kesan terbaik tentang pelajaran bahasa inggris kepada siswa SMP.

Langkah – langkah      :

  1. Menumbuhkan kecintaan siswa kepada bahasa inggris dengan memberikan game yang membuat siswa senang, games tersebut contohnya tebak kata bahasa inggris dengan tingkatan untuk anak SMP tentunya dengan animasi lucu agar dalam pikiran siswa pelajaran bahasa inggris bukan pelajaran yang harus ditakuti.
  2. Kegiatan tersebut dilakukan secara terus menerus dan akan menjadi kebiasaan yang membuat siswa mulai menyukai pelajaran bahasa inggris, langkah selanjutnya jika siswa sudah mulai akrab dan biasa dengan pelajaran tersebut kita menambahkan tingkat kesulitannya dengan memutarkan film tetapi siswa diminta untuk menceritakan kembali dengan gaya bahasa mereka sendiri.
  3. Memutarkan film bahasa inggis dengan subtitle bahasa indonesia, dengan pemutaran film tersebut menjadikan siswa lebih santai dalam menerima materi dari film yang siswa sukai selain menikmati jalannya film tersebut juga memberikan pelajaran yang siswa tidak sadarai yaitu kebiasaan mendengar kosa kata bahasa inggris dengan benar dan dalam penerapannya siswa mampu mengucapkan dengan benar.
  4. Memberikan cerita inspiratif yang wajib didengar siswa dan menjadikannya lebih menyukai atau bahkan mencintai bahasa inggris.Contoh dari memeberikan cerita inspiratif adalah cerita tentang bahasa inggris adalah bahasa yang mendunia / bahasa internasional yang digunakan diseluruh dunia hal tersebut menjadikan siswa lebih mau belajar karena  alasan pentingnya pengguaan bahasa inggris didunia. Selain itu memberikan cerita nyata tentang pentingnya penggunaan bahasa inggris sebagai contoh dalam dunia kerja di seluruh indonesia jika kita ingin menjalin kerjasama dengan negara lain kita tentunya harus mampu berkomunikasi dan komunikasi tersebut tidak lain adalah bahasa internasional yaitu bahasa inggris.
  5. Dengan cara tersebut kesadaran dan kecintaan siswa kepada pelajaran bahasa inggris akan tumbuh karena kesan awal akan selalu berkesan dalam proses pembelajaran selanjutnya.

________

Hanif Suci Febriyanti

STKIP Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s