Fun Repetition Of Material Learning

Sasaran: SMP

Pokok Bahasan:

Metode ini meberikan siswa pembelajaran dengan sistem beberapa tahap. Tahap pertama siswa diberikan sebuah game yang akan membuat mereka “happy” dan berkonsentrasi dalam menerima materi yang akan diberikan oleh guru, Tahap kedua siswa akan diajak untuk mengingat kembali materi yang telah di berikan di minggu-minggu sebelumnya, Tahap ketiga siswa diberikan materi pembelajaran yang berisi pokok pokok materi yang akan di bahas, Tahap keempat siswa diharapkan menerima materi yang di berikan guru dan bertindak secara aktif dalam ruang kelas, dalam hal ini seorang guru harus membrikan perhatian khusus dan meciptakan suasana yang nyaman sehingga siswa akan memiliki kepercayaan lebih dan tidak merasa minder, tahap kelima siswa diberikan sebuah  game yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang telah di berikan( menerapkan secara aktif materi yang diberikan tersebut di dalam ruang kelas) melelui unjuk diri inilah siswa akan merasa di hargai dan mendapat kenyamanan dalam belajar dan menrima pembelajaran

Langkah-Langkah:

Langkah konkrit yang akan kami lakukan yaitu:

  1. Menyiapakan sebuah game yang sekiranya menyenangkan tetapi juga menghasilkan konsentrasi pada setiap individu
  2. Menyiapkan bahan pembelajaran yang “efective learning comprehension”
  3. Melatih daya ingat siswa melalui pemberian tugas untuk menghafalkan materi yang telah di ajarkan minggu sebelumnya
  4. Siswa di berikan suatau permasalahan yang nantinya akan membuat siswa berfikir untuk menyelesaikannya Misalnya: Run- I – Park – To – The. Dari kalimat acak ini siswa di harapka mampu menysusun menjadi kaliamat yang baik dan benar.
  5. Melalui metode pengulangan dan penghafalan materi ini, akan memberikan dampak positif bagi siswa karena akan menambah daya ingat siswa serta pemahaman siswa yang lebih baik.
  1. Siswa di berikan pendampingan oleh guru agar mau dan berani berbicara di depan kelas dengan tujuan membangun kepercayaan diri siswa dan membesarkan hatinya bahwa dengan mereka di berikan kesempatan untuk unjuk diri di depan kelas, mereka akan merasa lebih di hargai dan merasa di butuhkan.

__________

Nama: Rizal Frana Ramadhan

NIM: 1588203011

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s