ASBERNING (Asik Belajar Listening)

Sasaran: Siswa SMA

Pokok bahasan: Metode pembelajaran listening adalah metode yang mungkin membuat sebagai orang bosan tapi metode ini adalah metode yang paling banyak manfaatnya untuk siswa tanpa siswa sadari, sering mendengarkan siswa dapat mengucapkan pelafalan dengan benar tanpa bimbingan dari guru. Metode ini dilakukan sesuai dengan siswa yang akan kita hadapi contohnya siswa SMA dalam memberikan materi listening dengan topik atau tema sesuai dengan perkembangan siwa tersebu,  tema yang diberikan dapat tentang percintaan, persahabatan, pendidikan, keluarga atau hal yang sesuai dengan dengan kenyataan yang dialami siswa.

Langkah – langkah                  :

  1. Sebelum memberikan materi kepada siswa sebaiknya guru mencairkan suasana dengan memberikan bahan yang lucu agar dalam fikiran siswa dapat santai dan senang menerima pelajaran dari guru.
  2. Guru harus selalu mengingat teori humanistik yang mengungkapkan siswa bukan gelas yang selalu diisi air, kita tidak bisa memaksa siswa untuk menyukai pelajaran tersebut tapi setidaknya kita memeberikan kondisi belajaryang nyaman yang membuat siwa menikmati pelajaran tersebut.
  3. Selanjutnya guru memutarkan materi listening, contohnya dengan judul “Pernikahan Dini”.
  4. Selesai mendengarkan guru harus meminta siswa untuk menceritakan kembali isi dari apa yang siswa dengarkan tersebut.
  5. Guru harus menghargai kemampuan setiap siswa, karena setiap siswa mempunyai kemampuan berbeda dalam menanggapi suatu hal. Kita harus meghargai dan memberi apresiasi terhadap kemampuan siswa tersebut. Berbicara dan mengungkapkan gagasannya itu perlu mental besar jadi kita sebagai guru harus menghargai hal tersebut dengan sedikit menyampingkan gagasan yang disampaiakan betul atau salah. Setiap siswa mempunyai perkembangan menangkap suatu materi berbeda – beda jadi yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah memeberi apresiasi atas keberanianya dan menumbuhkan kepercyaan diri siswa tersebut untuk membingbingnya  agar mengungkapan materi dengan benar sangat mudah jika sudah tumbuh rasa percya diri dalam diri siswa tersebut.

________

Hanif Suci Febriyanti

STKIP Pacitan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s