Pemberdayaan Usia Dini melalui Menabung

Sabtu, 8 Agustus 2015 telah diselenggarakan Sosialisasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di Dusun Pakis, Desa Tanjunglor, Kec. Ngadirojo, Pacitan. Acara sosialisasi yang dikoordinir oleh salah satu mahasiswa peserta KKN-PPM angkatan ke- 25, Cici Aryanti sukses menarik minat anak-anak usia dini untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Mengingat sasaran dari program kerja tersebut, kegiatan dilaksanakan di salah satu tempat TPA dusun Pakis yaitu Mushola “Nurul Hidayah”.

Antusiasme anak-anak saat mengikuti Sosialisasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di Mushola “Nurul Hidayah” Dusun Pakis

Dengan mengandalkan kemampuan dan kerjasama dari semua pihak, khususnya teman-teman KKN-PPM proker ini dapat berjalan dengan lancar.

“Ya walaupun kondisi jalan menuju kesana cukup menguji nyali juga ekstrim tentunya ini tetap menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjalankan proker yang sudah ada, tetap semangat dan solid ya kawan-kawan!” Pesan Cici, Koordinator program kerja tersebut.

Akses jalan menuju tempat sasaran yang cukup sulit tidak menjadi kendala dan menghalangi niat para peserta KKN-PPM untuk menjalankan proker tersebut, justru ini menjadi tantangan hebat bagi diri mereka.

Tujuan dari sosialisasi ini sendiri adalah untuk menyampaikan pentingnya, tujuan, dan manfaat menabung kepada anak-anak.

“Ayo adik-adik, kita menabung dari sekarang yaa, banyak lho manfaatnya, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” Kata Dadan, Pemateri sosialisasi menabung.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk realisasinya, sosialisai ini berkolaborasi dengan proker pemanfaatan limbah sampah yang dikoordinatori oleh Dadan Nur Efendi. Dengan ide dan kreatifitas dari teman-teman KKN-PPM dan anak-anak, kegiatan hari ini menjadi menyenangkan karena memanfaatkan limbah botol plastik bekas minuman disulap menjadi “celengan” atau tempat menabung yang unik dan dihias semenarik mungkin sesuai kreatifitas masing-masing anak.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini diharapkan mampu mendidik dan bermanfaat bagi anak-anak usia dini di dusun pakis agar menambah pengetahuan mereka akan pentingnya menabung untuk bekal masa depan mereka, serta dengan kehadiran teman-teman KKN-PPM disini bisa membantu memberdayakan mereka melalui bidang pendidikan maupun bidang yang lainnya. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s