Merangkul Masyarakat melalui Peningkatan Ekonom Pada Industri Kecil

Ngadirojo (26/08/2015). Industri kecil merupakan salah satu bentuk mata pencaharian yang mempunyai peran besar untuk perkembangan perekonomian masyarakat pada suatu desa atau wilayah, khususnya masyarakat Dusun Pakis, Desa Tanjunglor.

KKN-PPM STKIP PGRI Pacitan angkatan ke-25, pada kesempatan kali ini memberikan sosialisasi dan pelatihan industri kecil kepada masyarakat Dusun Pakis sebagai salah satu program kerja pokok Yang sebelumnya telah ditentukan oleh DIKTI. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 26 Agustus 2015. Peserta yang mengikuti sosialisasi ini adalah ibu-ibu warga Dusun Pakis, Desa Tanjunglor. Praktik pembuatan emping belinjo serta sosialisasi ini dilakukan di rumah bapak kasun Dusun Pakis, yaitu Bapak Misni.

Kegiatan pada pagi hari itu berlangsung cukup meriah karena antusiasme warga yang tinggi. Para ibu-ibu juga tak segan untuk bertanya mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan topik sosialisasi tersebut. Para mahasiswa tentunya juga sangat senang akan respon yang diberikan oleh masyarakat dusun Pakis pada kegiatan sosialisasi tersebut.

Setelah kira-kira 1 jam acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan emping dari belinjo. Terik matahari yang semakin menyengat tidak menyurutkan semangat para ibu-ibu ini untuk tetap mengikuti acara ini hingga akhir.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk pembuatan emping belinjo ini adalah palu, batu utuk alas pembuatan emping, wajan, sotil, serta kompor. Para mahasiswa beserta ibu-ibu saling bekerja sama dalam pembuatan emping belinjo. Tak jarang mereka juga sering mengobrol mengenai mata pencaharian mereka sehari-hari. Para mahasiswa tentu sangat senang karena dengan sosialisasi dan praktik pembuatan emping bisa lebih mendekatkan mereka dengan masyarakat Dunu Pakis.

Acara pada pagi hari itu berlangsung kurang lebih selama 2 jam. Senyum serta tawa ringan tak lepas dari wajah ibu-ibu Dusun Pakis. Mereka merasa senang karena telah mendapat satu pengetahuan tentang apa itu industri kecil serta bagaimana cara pembuatan emping yang baik dan benar.

Bukan hanya itu saja, para mahasiswa KKN-PPM STKIP PGRI Pacitan angkatan ke-25 juga memberikan bantuan sealer (alat press plastik) untuk ibu-ibu PKK dusun Pakis. Mahasiswa berharap alat tersebut dapat bermanfaat untuk ke depannya dalam pembuatan produk-produk terbaru industri kecil lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s