Meningkatkan Ekonomi Warga melalui Ternak Sehat

Pacitan, 12 Agustus 2015 pagi yang cerah dengan terik matahari tidak begitu membakar kulit Mahasiswa KKN PPM STKIP PGRI Pacitan kembali melaksanakan program kerja unggulan Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Hasil Ternak. Pelaksanaan program kerja ini bertempat di rumah ketua Rt 01 Rw 04 Dusun Pakis Desa Tanjung lor yang bertujuan memberikan pengetahuan mengenai ternak dari pemilpihan bibit sampai bagaimana cara pengolahan hasil ternak selain dijual hidup.

Jam berdering menunjukan pukul 07.30 WIB semua mahasiswa KKN PPM STKIP PGRI Pacitan dengan semangat dan optimime yang tinggi meluncur ketempat dimana akan diadakan sosialisasi tersebut. Beberapa menit kami pun sampai di istana bapak ketua Rt 01 Rw 04, sambutan hangat terpancar dari wajah tuan rumah. Dengan gerakan gesit kami semua segera menyiapkan semua keperluan. Dari dalam ruangan yang gelap terlihat sosok cantik rupawan menghampiri kamli dan mempersilahkan kami untuk masuk ruang tapa keluarga itu. Kami pun mulai mengganggu tempat itu untuk persiapan.

Jam menunjukan pukul 08.00 WIB warga yang mendapat undangan pun hilir mudik berdatangan, kami pun ada yang di depan menyambut kedatangan warga yang sangat antusias. Detik pun berganti pukul 08.45 WIB pemateri sosialisasi pada acara tersebut datang dengan menggunakan oto warna biru yang dikemudikan oleh salah satu teman kami.

Setelah pukul 09.00 WIB acara pun segera dimulai suasana hening pun awalnya terjadi kemudian canda tawa dari moderator memecahkan keheningan tersebut. Masuk kedalam acara inti dimana pemateri menyampaikan materi tidak disangka keluar kata “ pinter bapak-bapak dari pada saya, betul tidak?” kata pemateri, semua peserta sosialisasi ketawa dan jadi tersipu malu. Acara berlangsung sangat menyenangkan dan tidak membosankan, anggota yang datang pun antusias.

Dari jadwal yang direncanakan 2 jam ternyata membengkak menjadi 3 jam, waktu selama itu pemateri dan para warga terjalin komukasi yang sangat baik, pertanyaan silih berganti dilontarkan oleh para warga yang ingin benar-benar mengetahui tentang peternakan. Dari pertanyaan bagaimana bibit yang unggul,masa kawin, pemberian vitamin, pencegahan penyakit sampai bagaimana cara ,mengatasi pemberian makanan bagi ternak jika mengalami musim kemarau.Pertanyaan yang sangat bagus tersebut dijawab oleh pemateri Bapak Buhadi S.T dengan wajah gembira dimana beliau telah mendapat respon yang baik. Berkat antusias warga tersebut telah meluluhkan hati bapak Buhadi S.T dengan tidak segan-segan telah membagikan fitamin dan obat mengatasi penyakit cacingan yang seringmenjangkit pada ternak. Kami selaku panitia kegiatan itu merasa sangat kaget bahkan moderator kami pun sempat mengeluarkan kata” jarang acara sederhana ada ;pembagian obat mahal”. Gelak tawa memecah ruangan yang tidak begi besar tersebut. Dengan logat jawa pun bapak Buhadi S.T berkata” mahalnya harga obat tidak terbayar dengan adanya keharmonisan dalam berkomunikasi”. Kami pun semakin terharu dengan acara tersebut.

Waktu pun sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB acara pun berakhir terlihat wajah menyesal dari para peserta sosialisasi harus meninggalkan tempat tersebut. Sebelum acara berakhir kami panitia acara pun mengajak peserta sosialisasi foto bersama sebagai kenang-kenangan. Harapan ingin diadakan acara yang seperti itu lagi terlontar dari salah satu warga, kami pun tersenyum sambil menjawab insyaallah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s