Membekali Jiwa Organisasi Sejak Dini

Ngadirojo (22/08/2015). Pelatihan organisasi dan kepemimpinan di SMPN 5 Ngadirojo. Kiprah organisasi dalam sekolah sangat mempengaruhi perkembangan karakter bagi peserta didik, mulai dari perilaku maupun mental mereka. Hal tersebut tentunya akan dibawa oleh peserta didik ke dalam lingkungan masyarakat. Itulah yang mendorong tim KKN-PPM STKIP PGRI Pacitan angkatan ke-25 mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepemimpinan bagi pengurus organisasi intra sekolah di SMP N 5 Ngadirojo

Kegiatan tersebut diselenggarakan tepatnya pada akhir pekan, Sabtu 22 Agustus 2015 di gedung aula SMPN 5 Ngadirojo. Di gedung yang laksana GOR tersebut, dipadati oleh seluruh pengurus organisasi sekolah yang berada di kawasan tertinggi Desa Tanjunglor itu. Dengan suasana yang serius dan santai, semua peserta mengikuti pelatihan tersebut. Tak jarang suasana riuh tawa mereka menghiasi kegiatan tersebut karena pembawaan materi yang disampaikan pembicara begitu santai dan diselingi humor yang khas.

Pembicara pada kegiatan itu adalah salah satu punggawa kelompok 2 KKN PPM yaitu Bayu Aji Pratama jurusan pendidikan matematika. Mahasiswa yang biasa dikenal dengan sapaan Mas Bay itu begitu santai dan humoris dalam membawakan materi sehingga membuat peserta merasa bersemangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi dan pelatihan itu. Tak jarang pula senyum manis yang khas dari pembicara membuat decak kagum bagi para perempuan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta dari seluruh organisasi di sekolah, mulai dari OSIS, Pramuka, PMR maupun MPK. Hal demikianlah yang membuat Bapak Agus selaku Kepala Sekolah merasa sangat senang dan berterima kasih atas diadakannya kegiatan itu. Karena memang sangat bermanfaat bagi para pengurus organisasi untuk lebih baik lagi membawa organisasi sekolah, sehingga mampu ikut serta memajukan sekolah dalam bidang kesiswaan.

Proses sosialisasi dan pelatihan diawali dengan pemberian materi manajemen organisasi dan kepemimpinan. Setelah pemberian materi, peserta diberikan permainan yang selain memecahkan kejenuhan juga melatih kerja sama para pengurus organisasi. sehingga diharapkan mereka dapat lebih kompak dalam menjalankan kegiatan di sekolah.

Setelah serangkaian kegiatan dilalui dengan begitu semangat, tidak terasa waktu mengakhirinya. Kurang lebih sekitar dua jam, tepatnya pukul 10.00 WIB pembicara mengakhiri pelatihan tersebut. Tidak lupa setelah kegiatan diadakan foto bersama untuk dokumentasi sebagai bukti pelaporan kepada tim LPPM STKIP PGRI Pacitan.

Akhirnya dengan wajah gembira para peserta keluar ruangan satu persatu dan berjabat tangan dengan mahasiswa KKN PPM yang pada hari itu bertugas menjadi pelaksana kegiatan. Dengan harapan semoga kegiatan tersebut mampu memberikan manfaat bagi para pengurus organisasi intra sekolah di SMPN 5 Ngadirojo.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s