Gerakan “Ayo Menabung” untuk Anak Usia TK, SD, dan SMP

Pacitan (28/7/2015)- Penggerakan dan pemberdayaan masyarakat adalah segala upaya fasilitasi yang bersifat persuasif dan melalui memerintah yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahun, sikap, perilaku, dan kemampuan masyarakat dalam menemukan, merencanakan serta memecahkan masalah menggunakan sumber daya/potensi yang mereka miliki termasuk partisipasi dan dukungan tokoh-tokoh masyarakat yang ada.

Salah satu pemberdayaan masyarakat telah dilakukan oleh mahasiswa mahasiswi STKIP PGRI Pacitan yang memulai tugasnya dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) tahun 2015 ini. KKN-PPM ini diadakan pada masyarakat Desa Tanjung lor khususnya melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, dan pemanfaatan potensi lokal. Eka Suci Murdianingsih(coordinator program kerja gerakan ayo menabung kelompok 1 krajan) yang sering dipanggil suci dari prodi bahasa inggris menyebutkan bahwa ada yang dapat dijadikan tolak ukur dalam pemberdayaan masyarakat Dusun Krajan Desa Tanjung Lor, salah satunya dengan adanya Gerakan Ayo Menabung Sejak Dini. Akan pentingnya pendidikan karakter khususnya di indonesia saat ini, penanaman karakter dan moral bagi anak-anak sangat penting untuk dibina dan di arahkan baik oleh orang tua, guru di sekolah maupun masyarakat sekitar. Penanaman pendidikan karakter terhadap anak harus ditanamkan sejak usia dini. Hal ini disebabkan karena melihat generasi saat ini yang perlu akan pentingnya nilai moral terutama dalam hidup hemat dan sederhana. Melihat kondisi sekarang ini, banyak generasi kita yang senang hidup boros dan foya-foya tanpa mengetahui manfaat akan nilai suatu barang.

Gerakan ayo menabung sejak dini merupakan salah satu upaya mendidik anak untuk hidup mandiri, mulai dari mempersiapkan kebutuhan pribadinya, sekolah, maupun kebutuhan tambahan lainnya. Selain itu anak juga dapat membantu orang tuanya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Dengan gerakan ayo menabung sejak dini, anak-anak juga dapat melatih kreatifitas dan berlatih untuk memanajemen keuangan mereka.

Program kerja Gerakan Ayo Menabung Sejak Dini, ini sudah terlaksanakan dengan jumlah 25 anak yang terdiri dari 6 siswa TK, 14 siswa SD dan 5 siswa SMP serta diupayakan sampai saat ini masih bertambah untuk pesertanya. Gerakan Ayo Menabung Sejak Dini, berlangsung secara meriah dengan antusias yang positif dari anak-anak dengan memanfaatkan kaleng susu bekas dimodifikasi stiker sebagai celengan dan pemberian buku tabungan mini. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan hari Minggu, 5 Juli 2015 pukul 16.00 WIB di Pendopo Balai Desa Tanjung Lor dan berlangsung hingga sekarang.

Dalam memfasilitasi penggerakan dan memberdayaan masyarakat yang perlu diketahui adalah bagaimana mengidentifikasi potensi sumber daya, mencari peluang yang ada di Desa tersebut, Kepala dusun, Kepala desa) maupun tokoh non formal (tokoh agama, adat, tokoh pemuda). Tokoh-tokoh masyarakat ini merupakan kekuatan yang sangat besar yang mampu menggerakkan masyarakat di dalam setiap upaya pembangunan. Peserta KKN-PPM dan keluarga besar STKIP PGRI Pacitan tahun 2015 ini berharap dapat sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s