BoR (Bottle Recycle)

Pakis, 8 Agustus 2015 – Anak-anak usia SD SMP antusias mengikuti pengelolaan sampah. Mereka begitu riang dan semangat berlomba mengasah kreatifitas saat menyulap sampah botol menjadi barang yang cantik.

Pengelolaan sampah yang baik adalah dengan cara dikubur atau dibakar. Tetapi, dengan dikubur, sampah anorganik tidak akan dapat terurai, sehingga akan mencemari tanah. Padahal jika mau sedikit berkreatifitas, sampah-sampah anorganik seperti botol, dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang berguna. Bahkan, memiliki nilai ekonomis.

Seperti apa yang dilakukan KKN PPM kelompok 2 di Pakis. Dengan misi melaksanakan program kerja yang telah diembankan, mahasiswa tidak hanya memberdayakan masyarakat berusia remaja dan dewasa tetapi juga melibatkan anak-anak kecil untuk mengolah sampah botol. Tidak dibakar, tetapi disulap menjadi barang lain yang lebih berguna bagi mereka, yakni menjadi kotak kain, tempat pensil, dan sebagainya.

Hanya dengan memadukan sampah botol dengan bahan bekas lainnya atau dengan bahan-bahan lain misalnya kain flanel, maka botol yang telah dianggap sampah dan dibuang, berubah menjadi barang yang cantik.

Pengelolaan sampah dengan cara memanfaatkannya kembali tidak hanya mengurangi jumlah sampah yang akan mencemari lingkungan. Tetapi juga dapat mengasah kreatifitas anak-anak, melatih life skill mereka yang tentu akan berguna untuk masa depan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s