Antusiasme Belajar Anak yang Tak Terlupakan

Rabu, 28 Juli 2015. Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) STKIP PGRI Pacitan tahun 2015, dimana lokasi kegiatan berada di Desa Tanjunglor, Kecamatan Ngadirojo. Pelaksanaan KKN-PPM tahun 2015 ini berjumlah sebenyak 60 mahsiswa dan terbagi menjadi tiga kelompok yaitu dusun Krajan, Pakis dan Brojol. Setiap kelompok beranggotakan dua puluh orang mahasiswa, tujuh orang laki-laki dan tiga belas orang perempuan.

Tepatnya pada tanggal 29 Juni 2015 dilakukan penyerahan peserta KKN-PPM angkatan ke-25 yang bertempat di Balai Desa Tanjunglor yang berada di Dudun Pakis. Dalam acara tersebut turut hadir Bapak Supriyono, ST selaku kepala desa Tanjunglor, serta ketua LPPPM STKIP PGRI Pacitan Dr. Mukodi, M.S.I . Terlihat antusias dari semua peserta KKN-PPM yang tidak sabar untuk segera tiba di basecamp masing-masing, tak terkecuali peserta dari kelompok dua dusun Pakis.

Pada minggu pertama dilakukan silaturahmi kerumah seluruh ketua RT dan RW yang berada di dusun Pakis. Sebagian peserta dalam satu kelompok dibagi untuk melakukan silaturahmi sekaligus mencari informasi tentang lokasi akan diadakannya bimbingan belajar dan TPQ yang merupakan program kerja minggu pertama yang harus segera dilaksanakan. Akhirnya program kerja bimbingan belajar dibagi di tiga lokasi. Lokasi pertama di mushola Baitul Muttaqien, lokasi kedua di mushola Al-Amin, dan yang ketiga di mushola Nurul Hidayah.

Antusiasme anak-anak ternyata sangat baik dalam menyambut kegiatan bimbingan belajar dan TPQ. Program kerja bimbel dan TPQ digabung dalam satu tempat namun terdapat jeda waktu diantara keduanya. Hal ini dilakukan karena menghemat waktu serta medan yang tidak mudah untuk ditempuh, karena lokasinya yang berada di atas serta jalan yang rusak. Namun hal ini justru menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi peserta KKN-PPM angkatan-25.

Program kerja bimbingan belajar dan TPQ dilaksankan pertama kali pada hari Kamis, tanggal 02 Juli 2015. Pada pukul 13.30 s/d 15.00 dilaksanakan program kerja TPQ, setelah itu dilanjutkan dengan program kerja bimbingan belajar di luar jam sekolah. “Selamat datang bagi mbak-mbak dan mas-mas peserta KKN dari STKIP PGRI Pacitan, disini saya selaku ustadzah mengucapkan terimakasih atas program yang akan dilaksanakan. Ayo adik-adik kenalan dulu sama mas-mas dan mbak-mbaknya”, kata Ustadzah disela-sela waktunya dalam mengajari anak-anak mengaji di siang hari itu. Suasana menjadi agak sedikit canggung ketika para peserta KKN-PPM melakukan perkenalan kepada anak-anak.

Suasana yang hening menjadi sedikit lebih mencair ketika Ustadzah meminta tolong kepada kami untuk membantu beliau mengajari anak-anak mengaji. Pendekatan dan perkenalapun dilakukan antara Mahasiswa dan anak-anak kecil di sana. Akhirnya kegiatan TPQ selesai kemudian sholat ashar dan dilanjutkan dengan bimbingan belajar. Di hari pertama sebagian besar anak-anak besar belum membawa buku pelajaran mereka, sehingga Mahasiswa koordinator program kerja bimbingan belajarpun mengambil inisiatif untuk membagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama untuk anak SD kelas 1 s/d 3, belajar pelajaran matematika sedangkan kelompok 2 untuk anak SD kelas 4 s/d 6 belajar belajar pelajaran bahasa Inggris.

Sore cerah dan agendapun berlangsung dengan meriah. Hari pertama untuk program kerja TPQ juga bimbingan belajar berlangsung lancar. “Alhamdulillah hari ini kegiatan baik dan lancar dan ya walaupun medan yang kita tempuh sulit tapi itulah tantangan kita untuk membimbing adik-adik dalam belajar, kedepannya kita harus memberikan materi yang jauh lebih menarik dan mendidik tentunya untuk adik-adik”, kata Mohammad Toifur selaku ketua dari kelompok dua setelah kegiatan bimbel selesai dilaksanakan sore itu.

Sentuhan motivasi dan dorongan semangat dari Ketua kelompokpun menambah semangat para mahasiswa kelompok 2 untuk selalu bersemangat dalam melaksankan kegiatan KKN-PPM ini. Hati yang tulus dan semangat yang membara menjadi kekuatan utama bagi kelompok 2, hal ini terlihat dalam suasana ceria dan gelak tawa dari para mahasiswa. Semoga dalam pelaksanaan program kerja selanjutnya nanti mahasiswa tetap mempunyai semangat yang tinggi dan selalu menjujung nama baik Almamater.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s