Yang Kecil Tak Harus Selamanya Kecil

Kemajuan ekonomi suatu daerah tidak lepas dari yang nama industri, baik industri kecil skala rumah tangga sampai industri besar. Dua-duanya itu berperan dalam pembangunan suatu daerah, dan pembangunan suatu negara. Krajan yaitu suatu nama dusun yang ada di kecamatan Ngadirojo, kabupaten Pacitan memiliki berbagai industri kecil skala rumah tangga. Banyak produk makanan yang diolah, diantaranya ada kolong klitik, kripik pisang, kripik gadung, emping mlinjo, tempe, dan lain sebagainya.

Pada hari selasa 04 agustus 2015, mulai pukul 10.00 sampai dengan selesai, mahasiswa KKN PPM dari STKIP PGRI Pacitan melakukan kunjungan ketempat home industri yang ada di dusun Krajan, guna mengetahui apa saja produk olahan dari dusun krajan ini. Perjalan menuju tempat industri penuh dengan seni dan keceriaan, karena didukung suasana alam yang indah dan menyenangkan. Jalannya sebagian hanya setapak, naik pula, seperti halnya panjat tebing, beginilah jalan menuju rumah industri. Jalan yang terjal penuh bebatuan, medannya menanjak pula.

Tempat itu ada di RT03/RW01 Sambeng, Krajan. Ya semuanya unik dan memiliki berbagai keistimewaan. Begitu semangat warga dalam mengais rezeki. Semua itu dilakukan karena dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari yang namanya kebutuhan, maka dengan adanya kebutuhan itu memacu masyarakat untuk melakukan berbagai cara untuk bertahan hidup, salah satunya yaitu dengan berwirausaha sendiri melakukan berbagai produk olahan lokal.

Setelah melakukan kunjungan, selang beberapa hari mahasiswa KKN langsung mengambil langkah mengenai perizinan bagi industri kecil, karena industri yang ada di dusun Krajan sebagian besar belum memiliki izin usaha. Waktu demi waktu, hari demi hari sosialisasi tentang perizinan terlaksana dengan lancar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s